Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
75 Pasang Pengantin Ikuti Nikah Massal Gratis
Dilihat
445
Penulis:
2013-02-20 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- 75 pasang pengantin, tadi pagi, Rabu, (20/2) dinikahkan serentak di Masjid Agung Sidoarjo. 18 penghulu ditunjuk untuk menikahkan pasangan pengantin dari warga kurang mampu yang ada di Sidoarjo. Nikah massal gratis dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 154 tersebut diselenggarakan oleh BAZ (Badan Amil Zakat) Sidoarjo.

Para pengantin yang telah mengucapkan ijab kabul kemudian diarak menuju Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo. Resepsi pernikahan 75 pasang pengantin digelar di tempat tersebut. Tiba di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, acara temu manten dilakukan sebelum resepsi pernikahan dilaksanakan.

Sekda Sidoarjo yang juga Ketua BAZ Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH dalam kesempatan tersebut didaulat untuk menyerahkan para pengantin kepada Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Didampingi oleh istrinya Ny. Anik Saiful Ilah beserta Wakilnya Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM yang juga didampingi oleh istrinya, H. Saiful Ilah menyambut baik kedatangan para pengantin itu.

Hadir Forpimda Sidoarjo dan para pejabat Sidoarjo dalam resepsi pengantin nikah massal gratis tersebut. Diantaranya Kapolres Sidoarjo AKBP Mardjuki, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Arh. Bambang Utomo, Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo Sumardi SH,MH serta Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Anik Saiful Ilah dan Ny. Nanik Hadi Sutjipto.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam kesempatan  itu mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang cukup positif. Khususnya bagi warga yang kurang mampu untuk memperoleh legalitas serta pengesahan secara resmi dari negara tentang status perkawinannya.
          
  Kegiatan nikah massal ini memiliki arti penting bagi para peserta nikah massal,  sebab akan memperoleh ketenangan dan memiliki hak dan kewajiban yang pasti sebagai suami dan istri dalam berumah tangga, sampainya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menuturkan bahwa kegiatan nikah massal gratis yang diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 154 tahun 2013 tersebut merupakan momentum yang sangat tepat.   Sebab dengan hari jadi Kabupaten Sidoarjo ujarnya, kita harus mampu membangun masyarakat yang mandiri dan madani. Sehingga mampu bersama masyarakat yang lain ikut dalam berbagai kegiatan dinamika pembangunan, terutama dibidang sosial keagamaan.
 
Sementara itu Wakil Ketua III BAZ Kabupaten Sidoarjo Drs. Ilhamuddin mengatakan bahwa kegiatan nikah massal gratis yang diselenggarakan hari ini merupakan wujud implementasi program kerja tahunan dari BAZ Kabupaten Sidoarjo. Tujuannya sendiri ungkap Drs. Ilhamuddin adalah selain untuk mewujudkan keluarga muslim yang sakina, mawaddah, warohmah. Adalah untuk mengesahkan status pernikahannya yang diatur oleh undang-undang.

Mereka akan memiliki legalitas secara hukum yang pasti bagi keluarga serta anak cucunya yang dapat dibanggakan oleh keluarga kedua mempelai, ujarnya.

Dalam nikah masal yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya oleh BAZ Kabupaten Sidoarjo, fasilitas berupa biaya nikah serta mahar berupa seperangkat alat sholat dan uang transport sebesar Rp 150 ribu diberikan kepada masing-masing pengantin. Dalam kesempatan tersebut pasangan pengantin Nur Latifa usia 18 tahun yang bersuami Slamet Andrianto dengan usia 21 tahun dinobatkan sebagai pasangan termuda. Sedangkan Sunadi warga Gempolsari-Candi yang berusia 81 tahun dengan istri bernama Ponisri yang berusia 69 tahun menjadi pasangan pengantin tertua yang mengikuti nikah massal gratis tahun ini. (humas/git)