Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Sosialisasikan Pemberdayaan Lansia Produktif
Dilihat
630
Penulis:
2014-11-13 03:32:38




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bagi Lanjut Usia (Lansia) dilakukan TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Melalui Sosialisasikan Pemberdayaan Lansia Produktif dan Pembinaan Kreatifitas Lansia, upaya tersebut coba diwujudkan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Ny. Hj. Anik Saiful Ilah, Kamis (13/11) di Pendopo Delta Nugraha.


300 peserta dari anggota TP-PKK kecamatan, anggota Dharma Wanita Persatuan Sidoarjo serta anggota Gabungan Organisasi Wanita Sidoarjo dan para Lansia yang ada di Sidoarjo ikuti sosialisasi tersebut. Nara sumber dari Dinas Kesehatan Sidoarjo dan RSUD Sidoarjo dihadirkan untuk memberikan bekal pengetahuan menjadi Lansia Produktif.


Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Ny. Hj. Anik Saiful Ilah dalam sambutannya mengatakan berbagai aspek kesejahteraan sosial Lansia dalam pelaksanaannya masih menghadapi banyak permasalahan. Hal tersebut memerlukan penanganan yang serius, baik dari pemerintah maupun masyarakat secara terkoordinasi.


Permasalahan pokok yang sering dihadapi Lansia tersebut meliputi kesejahteraan, perlindungan dan jaminan sosial baik pelayanan kesehatan. Selain itu, dukungan keluarga dan masyarakat serta kualitas hidup juga menjadi salah satu permasalahan. Begitu juga belum tersedianya sarana dan prasarana maupun fasilitas yang mendukung para Lansia produktif menjadi salah satu faktornya. Akan tetapi hal tersebut masih terus diupayakan oleh pemerintah dalam mewujudkannya. Khususnya dalam peningkatan derajat kesehatan dan mutu kesehatan bagi para Lansia untuk mencapai masa tua yang bahagia.


Untuk itu wujud dukungan TP-PKK Kabupaten Sidoarjo kepada pemerintah Kabupaten Sidoarjo terhadap kesejahteraan para Lansia yang ada di Sidoarjo diperlihatkan.  Yakni dengan menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Lansia Produktif dan Pembinaan Kreatifitas Lansia dalam upaya mensejahterakan Lansia agar dapat tetap semangat meningkatkan kreatifitasnya guna mewujudkan Lansia sehat, bahagia dan sejahtera.


Diakhir sambutannya istri dari Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum tersebut meminta kepada semua pihak untuk memprioritaskan kepentingan bagi para Lansia yang ada disekitarnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membangun kerjasama yang baik dengan dinas instansi terkait maupun organisasi masyarakat untuk dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan perlindungan terhadap Lansia dalam mewujudkan kesejahteraan sosial Lansia.


Dalam kesempatan tersebut Dra. Ida Ernani, Apt, Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menyampaikan materinya. Sebagai salah satu nara sumber, ia memaparkan empat pola hidup sehat yang harus di terapkan seseorang. Seperti pola makan sehat, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, serta kejiwaan yang harmonis. Dan hal tersebut berlaku bagi para Lansia. Mengatur pola hidup sehat sejak dini sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan. Pasalnya akan berimbas pada masa tua yang sehat. Yakni sehat fisik, psikologis, sosial dan sehat spiritual. (humas/git)