Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Hadapi AFTA dan MEA, Pemkab Sidoarjo Gelar Sosialisasi Ketenagakerjaan
Dilihat
485
Penulis:
2014-11-07 04:17:49




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Songsong AFTA (ASEAN Free Trade Area) dan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang diberlakukan tahun 2015 nanti, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bekali Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Sidoarjo serta lembaga pelatihan kerja dan PJTKI yang ada di Kabupaten Sidoarjo dengan wawasan mengenai AFTA atau yang lebih dikenal kawasan perdagangan bebas ASEAN.  Melalui Sosialisasi Ketenagakerjaan yang dibuka  oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum, Kamis (6/11) di aula Delta Graha Setda Sidoarjo, diharapkan nantinya para pelaku ekonomi di Kabupaten Sidoarjo siap untuk menghadapinya.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan tidak hanya produk dan jasa saja yang perlu di standartkan dalam menghadapi persaingan global dan diberlakukannya MEA. Namun, kualitas atau kompetensi tenaga kerja penghasil produk dan jasa pelaksana proses tersebut juga harus mendapatkan pengakuan standart.


Bagi tenaga kerja yang mempunyai kompetensi dibidangnya sampai Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, perlu mendapatkan pengakuan dan sekaligus perlindungan melalui sertifikasi kompetensi kerja. Hal tersebut telah tertuang dalam Pasal 18 UU No. 13 Th. 2003 tentang Ketenagakerjaan.


Untuk itu kebijakkan-kebijakan dibidang pelatihan-pelatihan telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Yakni membangun kerjasama diantara pemangku kepentingan, diantaranya dunia pendidikan, dunia usaha maupun dunia industri dan asosiasi seperti APINDO.


Selain itu program pelatihan yang mencakup standart kurikulum atau kesesuaian program pelatihan dengan kebutuhan pangsa kerja dan dunia industri juga diberlakukan. Perluasan kesempatan kerja sektor informal di pedesaan atau perkotaan terutama di lokasi-lokasi yang menjadi kantong-kantong pengangguran dan kemiskinan juga digiatkan.


Begitu juga melalui koordinasi dan sinergisitas semua aspek dengan instansi atau asosiasi dunia industri atau usaha yang terus dilakukan. Agar tercipta keterpaduan dan kebersamaan di dalam meningkatkan daya saing dengan diberlakukan MEA tahun nanti. Oleh karena itu kedepan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap ada persamaan didalam mensikapi berbagai tantangan dan peluang khususnya bagi anak-anak didik yang ada di Kabupaten Sidoarjo untuk mengahadapi persaingan global.


Untuk itu sistem pendidikan dan sistem pelatihan kerja nantinya juga harus dipadukan sesuai dengan  UU No. 13 Th. 2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU No. 20 Th. 2003 yang mengamatkan untuk meningkatkan SDM yang berbasis kompetensi, sampainya.



Sementara itu Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo M. Husni Thamrim SH,MM berharap melalui kegiatan yang diselengarakanya akan mampu meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja. Lewat Sosialisasi Ketenagakerjaan itu pula, ia berharap ada integrasi program-program pendidikan dan program-program pelatihan kerja yang berbasis kompetensi dengan orientasi kepada kebutuhan pangsa kerja dan pengembangan SDM. (humas/git)