Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kecamatan Se-Kabupaten Sidoarjo Gelar Car Free Day
Dilihat
443
Penulis:
2014-11-07 04:16:57




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.-  Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor akan di berlakukan di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Sebulan sekali, ruas jalan di masing-masing kecamatan akan dipergunakan untuk aktifitas berolahraga oleh masyarakat sekitar. Seperti senam atau hanya jalan-jalan menikmati udara pagi tanpa asap kendaraan bermotor.


Untuk mematangkan hal tersebut, FORMI Kabupaten Sidoarjo sebagai penggerak kegiatan mengundang pihak-pihak terkait jalannya program Car Free Day di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Selasa (4/11). Seperti Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo, Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo,  serta pihak Polsek dan kecamatan se Kabupaten Sidoarjo dan FORMI Kecamatan maupun klub olahraga rekreasi kecamatan. Rapat persiapan pembukaan Car Free Day di 18 kecamatan yang digelar aula Delta Karya Setda Kabupaten Sidoarjo tadi pagi dipimpin oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM.


Dalam rapat tersebut, dijadwalkan pembukaan Car Free Day 18 kecamatan hari Minggu tanggal 9 November 2014 di lapangan Al-Batros Juanda Kecamatan Sedati. Pembukaan Car Free Day 18 kecamatan yang rencananya di hadiri oleh Sekjen FORMI Pusat tersebut juga dibarengi dengan Sosialisasi FORMI Korda Taman yang meliputi Sedati, Waru, Taman, Sukodono dan FORMI Kecamatan Gedangan.


Sementara itu untuk pelaksanaan Car Free Day di masing-masing kecamatan akan dimulai hari Minggu tanggal 23 November 2014. Untuk itu dalam kesempatan tersebut Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) diharapkan dapat menentukan titik jalan yang dipilih sebelum Car Free Day 18 kecamatan di launching.


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto yang juga ketua FORMI Kabupaten Sidoarjo berharap pelaksanaan program Car Free Day 18 kecamatan dapat berjalan lancar. Selain untuk mendukung program pemerintah daerah khususnya Car Free Day, kegiatan tersebut juga untuk mewujudkan masyarakat Sidoarjo sehat dan bugar.  Melalui kegiatan yang ada dalamnya, slogan memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dapat terlaksana melalui Car Free Day.


Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto mengatakan Car Free Day diberlakukan untuk mengurangi gas emisi dari kendaraan bermotor. Untuk itu program tersebut diberlakukan pada ruas jalan yang padat oleh kendaraan bermotor. Agar dapat memberikan kesempatan masyarakat menikmati udara yang bersih di jalan yang digunakan Car Free Day.


Program ini jangan takut macet, justru Car Free Day ini ditempatkan di jalan yang padat kendaraan, satu minggu sekali jalan ini ditutup, antara jam 6 sampai maksimal jam 9 pagi, ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris FORMI Kabupaten Sidoarjo Soewignyo mengatakan pelaksanaan program Car Free Day 18 kecamatan akan mendapatkan pantauan oleh tim Car Free Day Kabupaten Sidoarjo. Tim yang terdiri dari FORMI Kabupaten Sidoarjo, Polres Sidoarjo, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo serta media harian Radar Sidoarjo akan terus mengevaluasi pelaksanaannya. Bila di rasa sukses, program Car Free Day di tiap-tiap kecamatan akan dilombakan untuk memperingati hari jadi Kabupaten Sidoarjo. (humas/git)