Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
191 Pejabat Struktural Eselon II,III, dan IV di Lantik
Dilihat
597
Penulis:
2013-02-20 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- 191 pejabat Struktural Eselon II,III, dan IV Kabupaten Sidoarjo, kemarin, Selasa (19/2) di lantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M,Hum di Pendopo Delta Wibawa. Selain untuk mengisi kekosongan jabatan seperti kosongnya jabatan kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM serta Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana yang sudah purna tugas. Pelantikan tahun ini juga di ikuti oleh pejabat struktural yang SKPD nya mengalami perubahan nama.

Seperti Badan Kesatuan Bangsa,Politik dan Perlindungan Masyarakat sekarang hanya menjadi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik saja. Begitu juga dengan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja yang kembali berubah nama menjadi Dinas Tenaga Kerja. Lain lagi untuk SKPD Badan Ketahanan Pangan yang sekarang berubah menjadi Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan.

Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang baru saja dilaksanakannya bukanlah merupakan sesuatu hal yang baru dalam dunia birokrasi. Melainkan suatu proses dinamika bagi perjalanan karir seorang Pegawai Negeri Sipil danĀ  merupakan suatu ketentuan normatif kepegawaian yang harus dilaksanakan terhadap pejabat struktural yang menduduki jabatan baru. Baik karena mutasi horisontal yakni pergeseran dari suatu jabatan ke jabatan lain yang setingkat ujar bupati Sidoarjo tersebut maupun karena mutasi vertikal yakni pergeseran dari suatu jabatan ke jabatan lain yang lebih tinggi atau promosi.

Disamping itu lanjut H. Saiful Ilah bahwa proses mutasi juga dilaksanakan untuk menghindari kesenjangan operasional dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik agar tetap berjalan. Hal ini dikarenakan adanya pejabat struktural yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) sehingga terjadi kekosongan dalam jabatan-jabatan tersebut.

Disamping itu juga ujar orang nomer satu Sidoarjo tersebut bahwa mutasi atau promosi merupakan sebuah proses penyegaran dan penyesuaian kebutuhan personil bagi sebuah organisasi birokrasi. Yang mana proses tersebut juga digunakan untuk mengevaluasi kinerja para pejabat dalam melaksanakan amanah yang diemban serta menjawab kebutuhan suatu organisasi birokrasi.

Untuk itu ia berharap kepada semua pihak untuk tidak lagi terperangkap dalam pikiran-pikiran sempit akan puas atau tidak puas dalam menyikapi pelaksanaan mutasi yang dilakukannya kali ini. Akan tetapi tuturnya adalah bagaimana upaya yang harus kita lakukan bersama untuk lebih bersinergi dalam menghadapi tugas-tugas kita selaku pelayan masyarakat.

Perlu diketahui, bahwa penunjukan saudara-saudara dalam menduduki jabatan ini, bukan karena didasarkan selera atau kedekatan saudara dengan pimpinan, tetapi justru didasarkan pada kemampuan danĀ  prestasi, yang saudara capai selama menjalankan tugas kedinasan, disamping itu juga karena ditunjang oleh keberadaan sikap, dedikasi, loyalitas, serta komitmen, dan tanggung jawab yang saudara tunjukkan selama menjalankan tugas, sampainya kepada pejabat yang baru saja dilantiknya.

Untuk itu dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah berpesan agar kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan saat ini janganlah sia-siakan dan disalah gunakan. Dan ia juga mengingatkan agar nantinya dalam mengemban tugas janganlah sampai mengecewakan pemerintah maupun masyarakat.

Perlu diketahui bahwa sumpah yang saudara ikrarkan pada saat pelantikan tadi, bukan hanya sekedar pernyataan belaka, melainkan merupakan ikatan komitmen dan sikap kita untuk benar-benar menjalankan amanah kepemimpinan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, pungkasnya.

Dalam pelantikan kali ini, kekosongnya jabatan kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM di isi oleh Fenny Apridawati, SKM,M,Kes. Mantan sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja tersebut dipercaya untuk menggantikan Drs. Maksum M.Si yang purna tugas. Sedangkan kosongnya jabatan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana yang ditinggal pensiun oleh Dra. Arsiyah M.Si di isi oleh Drs Ec M. Ali Imron MM yang semula menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Sidoarjo. (humas/git)