Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Menjadi Titik Awal Kebangkitan UKS
Dilihat
642
Penulis:
2014-10-16 03:26:32




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo – Kemeriahan tampak saat rombongan Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan RI tiba di halaman GOR Gelora Delta Sidoarjo tempat pelaksanaan Gebyar Peringatan Tiga Tahun Dasawarsa Kebangkitan UKS di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2014, kemarin (15/10).

Kedatangan  Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan RI didampingi oleh  Kepala Badan POM RI, Dr. Roy A. Sparinga, M.App.Sc,  Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM, Ketua DPRD Sidoarjo,  Jajaran Pejabat di Provinsi Jawa Timur, Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Ketua TP. UKS Provinsi Jawa Timur, dan seluruh Kepala Dinas Kesehatan se – Jawa Timur.

Kedatangan Rombongan kehormatan ini disambut oleh 20 anak  TK dengan mengajak para rombongan kehormatan untuk mencuci tangan bersama dalam rangka memperingati hari cuci tangan sedunia.

Dilanjutkan dengan peninjauan ke stand – stand pameran, mulai dari stand Sektap UKS, stan Kantin Sehat PKK hingga Stand Badan POM, yang diiringi penampilan grup musik anak berkebutuhan khusus dari SLB Gedangan.

Rombongan tamu kehormatan ini sangat terkesan sekali dengan penyambutan yang luar biasa dari para penggiat UKS dan pramuka di Kabupaten Sidoarjo ini, sebelum menuju panggung utama yang berada di lapangan stadion Gelora Delta.

Acara diawali dengan pembacaan deklarasi UKS yang menyatakan  bahwa masyarakat dan siswa Sidoarjo mendukung gerakan UKS, yang dibacakan oleh perwakilan dari komponen masyarakat dan siswa Sidoarjo.

Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM  pada saat memberikan sambutan,  mengutarakan rasa kebanggaan atas prestasi yang diraih UKS Sidoarjo di hadapan para peserta Gebyar UKS dari sekolah SD hingga SMU se Kabupaten Sidoarjo.

Penyelenggaraan UKS ini adalah investasi, karena UKS adalah power bangsa. Oleh karena itu, Gebyar Peringatan 3 (Tiga ) Dasawarsa Kebangkitan Program  UKS  di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2014 harusa dijadikan  sebagai momentum awal untuk berperilaku hidup sehat sehari – hari yang kita mulai dari diri kita sendiri, karena UKS adalah wadah dalam program meningkatan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan sedini mungkin bagi peserta didik.


Masih menurut Pak Cip sapaan akrab Wakil Bupati Sidoarjo ini, bahwa UKS Kabupaten Sidoarjo sudah seringkali mendapat juara baik di tingkat provinsi maupun nasional sejak tahun 2007 hingga sekarang. Di tahun 2014 ini SMPN 4 Sidoarjo meraih juara  I Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Tingkat Nasional.


Dan Kabupaten Sidoarjo di tahun ini telah memprogramkan Kecamatan UKS dan Wisata UKS, serta telah memiliki grand design UKS hingga tahun 2017, paparnya.


Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan RI, dr. Anung Sigihantono, M.Kes, sangat mengharapkan bahwa prestasi prestasi UKS yang telah diraih oleh Kabupaten Sidoarjo bisa diikuti oleh daerah – daerah lain, sehingga derajat kesehatan masyarakat Indonesia akan semakin meningkat.


Dr. Anung juga mencanangkan pemakaian batik UKS  di Kabupaten Sidoarjo, yang bisa dipakai pada hari – hari tertentu, atau pada saat event – event UKS.


Berawal dari Gebyar UKS di Kabupaten Sidoarjo ini, semoga akan menjadi kebangkitan UKS untuk tanah air, jelas Anung.


Pada gebyar UKS ini juga dilakukan penyerahan penghargaan piagam predikat Kantin Bintang dari Kepala Badan POM RI, yang diserahkan pada SD Hang Tuah 10 Sedati – Juanda dan SD Al Hikmah Surabaya, penyerahan bantuan Batik UKS, penyerahan bantuan kit penyuluhan, antropometri kit dan ular tangga serta PMTAS, serta penandatangan deklarasi UKS.


            Launching kebangkitan UKS ditandai dengan penekanan tombol sirine disertai dengan pelepasan balon oleh Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian RI beserta jajarannya didampingi oleh Kepala Badan POM RI dan  Wakil Bupati Sidoarjo dan Ketua DPRD Sidoarjo.

            Gebyar UKS ini ditutup dengan senam UKS oleh 1. 500 guru Taman Kanak – Kanak se- Kabupaten Sidoarjo. (humas/en)