Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Latih Anggotanya Ketrampilan Melukis Kaca
Dilihat
593
Penulis:
2014-10-08 03:32:49




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Dengan maksud menumbuhkan semangat berwirausaha, Tim Penggerak-PKK Kabupaten Sidoarjo melatih anggotanya ketrampilan UMKM (Usaha Mikro  Kecil Menegah). Pelatihan melukis dimedia kaca atau glass painting dipilih untuk mengasah ketrampilan ibu-ibu anggota TP-PKK Sidoarjo, Rabu (8/10). Dengan menggandeng Dinas Koperasi, UKM, Perindag dan ESDM Kabupaten Sidoarjo, 200 orang anggota TP-PKK Sidoarjo dilatih ketrampilan glass painting di Pendopo Delta Nugraha.


Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj Anik Saiful Ilah dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut mengatakan pelatihan ketrampilan yang diselenggarakannya merupakan salah satu pelaksanaan program kerja TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Yakni program pendidikan dan ketrampilan dalam 10 program pokok PKK. Melalui pelaksanaan salah satu program dari 10 program pokok PKK tersebut diharapkan kedepan kaum ibu-ibu mampu mandiri dan berdaya guna agar dapat memberikan konstribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi khusunya di Kabupaten Sidoarjo.


Untuk itu sampai Ny. Hj Anik Saiful Ilah, TP-PKK Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan pelatihan glass painting sebagai salah satu upaya menciptakan lapangan usaha sendiri. Anggota TP-PKK diharapkan dapat menerapkan dan mempraktekkan hasil dari pelatihan ketrampilan tersebut. Lebih baiknya lagi sampai Ny. Hj Anik Saiful Ilah, ibu-ibu TP-PKK dapat mengembangkannya lagi sebagai bentuk wirausaha.


Perempuan saat ini bukan hanya sebagai konco wingking bagi suami, tetapi harus mampu aktif dan kreatif dalam mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga, sampainya.


Dalam kesempatan tersebut Ny. Hj Anik Saiful Ilah menyampaikan bahwa dalam berwirausaha, seseorang harus memiliki visi dan misi usaha. Hal tersebut sangat penting dimiliki sebagai arahan kemana akan melangkah dalam mencapai tujuan.


Artinya dengan memiliki visi dan misi, kita akan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapainya, jelasnya.


Selain itu lanjut Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj Anik Saiful Ilah, seorang wirausaha harus memiliki sikap ulet, gigih dan tidak mudah menyerah. Semangat usaha harus terus dikembangkan baik dalam menjawab segala tantangan maupun mengembangkan ide-ide kreatif. Hal tersebut diperlukan agar seorang wirausaha memiliki daya saing dalam berkarya dengan memperhatikan kebutuhan pasar.


Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindag dan ESDM Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati, SKM, M.Kes menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Melalui kegiatan tersebut sampainya akan menumbuhkan UMKM-UMKM baru sebagai salah satu kekuatan ekonomi. Di Provinsi Jawa Timur sendiri sampai Fenny, ada 6,8 juta UMKM. Dari jumlah tersebut, 171.264 UMKM ada di Kabupaten Sidoarjo. Dan dari jumlah UMKM yang ada di Sidoarjo tersebut sebut Fenny, 90% nya adalah pelaku usaha mikro dan kecil.


Tepat sekali TP-PKK Kabupaten Sidoarjo memberikan pelatihan ketrampilan terhadap usaha mikro dan kecil ini, sampainya.


Dalam pelatihan ketrampilan glass painting, narasumber dari pelaku UMKM glass painting dihadirkan. Dengan dibantu beberapa asistennya, Ny. Anna sebagai narasumber dengan telaten mengajari bagaimana cara melukis dimedia kaca.  Dalam pelatihan tersebut, digunakan toples makanan dari kaca sebagai media lukisnya.


Ny. Anna mengatakan melukis dimedia kaca terbilang mudah. Terlebih dahulu berikan motif atau pola pada media yang akan dilukis. Selanjutnya cat khusus kaca tinggal dikuaskan mengikuti motif atau pola lukisan. Kuaskan cat yang dikehendaki untuk memberikan warna pada motif atau pola lukisan tersebut. Meskipun terbilang mudah, ia mengatakan melukis pada media kaca membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. (humas/git)