Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Jadikan Kebiasaan Membaca Sebagai Kebutuhan Hidup Anak Sejak Dini
Dilihat
597
Penulis:
2014-09-30 03:46:55




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Perpustakaan Kabupaten Sidoarjo kembali menggelar kegiatan untuk mingkatkan minat baca bagi anak SD se Kabupaten Sidoarjo, bertempat di Pendopo Delta Wibawa, selasa, 30/9.


Kegiatan meningkatkan minat baca dengan mengusung tema " Jadikan Kebiasaan Membaca Sebagai Kebutuhan Hidup Anak Sejak Dini ", diikuti ribuan anak SD se Kabupaten Sidoarjo.


Minat baca merupakan faktor utama  meningkatkan kualitas masyarakat dalam segi pendidikan, indikator yang paling mudah untuk mengetahui tingginya minat baca adalah jumlah buku-buku baru yang diterbitkan oleh penerbit dan jumlah perpustakaan yang tersedia di daerah.


Minat baca tidak hanya terbatas hanya surat kabar, namun  minat baca yang dimaksud membaca buku yang memuat pengetahuan sehingga suatu daerah memiliki penduduk yang cerdas, mampu bersaing, setaraf dengan masyarakat negara lain dalam segala bidang.


Hal ini dikatakan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum pada acara lomba minat dan budaya baca tingkat SD  di Pendopo Delta Wibawa.


Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa minta baca masih jadi masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini, padahal telah banyak upaya yang dilakukan dalam meningkatkan minat baca di masyarakat, hal ini dikarenakan adanya kolerasi antara faktor kemampuan membaca dengan minat baca, oelah karena itu diiimbau kepada semua agar membiasakan budaya membaca.


Sangat disayangkan apa bila kemampuan membaca masyarakat tidak diikuti oleh kebiasaan membaca, karena hal ini merupakan kegiatan multi manfaat, ujarnya.


H. Saiful Ilah berharap acara lomba minat dan budaya baca ini mnjadi ajang untuk mempromosikan Perpustakaan Kabupaten Sidoarjo yang telah dilengkapi berbagai koleksi buku-buku dan fasilitas internet, ruang membaca anak-anak dan cafe perpustakaan, ini semua dilakukan semata untuk mengajak masyarakat Sidoarjo agar mau memanfaatkan perpustakaan daerah sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan dan informasi.


Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Sidoarjo Drs. Sutjipto MM dalam laporannya menjelaskan,dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, perlu mengembangkan kebiasaan membaca untuk menciptakan masyarakat membaca dan masyarakat pembelajar hingga terwujud masyarakat dengan SDM yang berkualitas, dan kegiatan ini diikuti oleh seribu anak SD se Kabupaten Sidoarjo", tutupnya. (humas/irw).