Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kontes Sapi Sebagai Upaya Mendorong Sektor Peternakan
Dilihat
758
Penulis:
2014-09-30 03:43:18




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Untuk memotivasi peternak agar memproduksi ternak dan bibit yang berkualitas. Senin, 30/9 Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan menggelar Kontes ternak sekaligus Festival ternak qurban di lahan terbuka, komplek halaman Pasar Puspa Agro, Jemundo Sidoarjo.

Kegiatan Kontes ternak dan Festival ternak qurban yang dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum tersebut juga sebagai upaya untuk menyediakan serta merintis stok bibit pengganti bagi induk-induk yang tidak produktif secara swadaya guna peningkatan daya saing produksi. Selain itu kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian Perekebunan dan Peternakan, Ir Anik Puji Astuti dan para pejabat Sidoarjo tersebut juga sebagai bentuk apresisasi pemerintah kepada para peternak maupun pembibit untuk menghasilkan bibit ternak yang unggul dan produktif.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama ini sub sektor petenakan memegang peranan yang sangat strategis dalam pembangunan daerah maupun nasional. Komoditas peternakan ujarnya adalah komoditas yang prospektif untuk dikembangkan di masa yang akan datang. Serta dapat menjadi potensi sebagai sumber pertumbuhan baru dalam pembangunan pertanian ke depan.

Bahkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menilai bahwa komoditas peternakan menjadi sektor tersendiri yang sejajar dengan sektor-sektor lain. Pasalnya pembangunan peternakan merupakan bagian integral pembangunan pertanian khususnya dan pembangunan nasional pada umumnya.

Untuk itu dalam kesempatan tersebut ia mengajak kepada seluruh masyarakat peternak di Kabupaten Sidoarjo untuk terus melanjutan pembangunan peternakan melalui berbagai cara. Diantaranya dengan peningkatan usaha diversivikasi, intensifikasi, dan ekstensifikasi ternak yang tentunya didukung oleh pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Wujud nyata pembangunan peternakan diarahkan untuk membangun sistem peternakan yang mampu memanfaatkan sumber daya lokal, berdaya saing, berkelanjutan dan meningkatkan populasi ternak dan kesejahteraan ternak, ujar Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah. (humas/irw).