Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
FKUB Kabupaten Sidoarjo EratkanKerukunan Umat Beragama
Dilihat
465
Penulis:
2014-09-27 01:46:23




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sidoarjo undang FKUB tingkat kecamatan untuk membahas Peluang dan Tantangan untuk Hidup Berdampingan Antar Umat Beragama di Sidoarjo, kemarin malam, Jumat (26/9). Melalui Focus Group Discussion (FGD) tersebut diskusi lintas agama itu diharapkan penguatan jaringan kerukunan umat beragama tingkat kecamatan dapat terus terjaga.


Para pemuka agama, tokoh masyarakat serta alim ulama duduk bersama dalam kegiatan FGD yang di buka Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH,MM di Hotel Puncak Ayanna Trawas-Mojokerto. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto menyambut baik kegiatan FGD tersebut. Melalui kegiatan semacam ini sampainya, diharapkan menguatan kerukunan umat beragama yang sudah terjaga.


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto mengatakan penguatan kerukunan umat beragama harus terus menerus dilakukan. Salah satunya adalah dengan penguatan jaringan kerukunan di tingkat kecamatan. Keterlibatan pemuka – pemuka agama di tingkat kecamatan diharapkan mampu meningkatkan peran FKUB Kabupaten dalam upaya pengembangan kerukunan di tingkat kabupaten.


H. MG. Hadi Sutjipto mengatakan penguatan jaringan forum kerukunan umat beragama di tingkat kecamatan sangat penting. Oleh karena itu perlu terus disosialisasikan, didiseminasikan serta di dialogkan terkait dengan kebijakan – kebijakan pengembangan kerukunan umat beragama. Hal tersebut tidak lain untuk menyerap aspirasi umat beragama dari bawah serta deteksi dini dan pemetaan serta mediasi potensi konflik.


Selain itu lanjut Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, penguatan jaringan forum kerukunan umat beragama adalah untuk menyamakan visi dalam tugas pengembangan kerukunan umat beragama. Dalam upaya membangun kesamaan tersebut sampainya, perlu dilaksanakan diskusi dan dialog timbal balik semacam ini antara FKUB Kabupaten dengan pemuka – pemuka agama di tingkat kecamatan. Sehingga apabila terjadi permasalahan yang berhubungan dengan kerukunan umat beragama dimasyarakat akan segera bisa teratasi dengan baik, tanpa harus terjadi konflik yang berkepanjangan.


Apabila kerukunan ini bisa terwujud dengan baik, maka akan pula membuka peluang kerjasama antara umat beragama, sampainya.


Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto berharap melalui kegiatanFGD tersebut terjaganya situasi dan kondisi yang kondusif di Kabupaten Sidoarjo dapat terus terwujud. (humas/git)