Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
HUMAS BERI PEMBEKALAN BENTUK KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) TANGGULANGIN
Dilihat
528
Penulis:
2014-09-19 04:27:52




Tanggulangin (Informasi & Komunikasi) – Warga KecamatanTanggulangin sangat antusias dengan rencana Bagian Humas & Protokol Setda Kab Sidoarjo membentuk  KIM di Desa-desa. Pada Kamis, 18/9 di Kantor Kecamatan Tanggulangin telah dilaksanakan  Sosialisasi Pembentukan KIM yang dibuka langsung oleh Camat Tanggulangin dengan narasumber  dari Bagian Humas & Protokol Subbag Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, Ketua KIM Melati  Desa Siwalan panji Kecamatan Buduran juga dihadiri Perwakilan Desa yaitu  dari unsur :
Sekdes (Pemerintah Desa), PKK, Karang Taruna, perwakilan PNPM , perwakilan Lansia, Forum CSR Kecamatan, Paguyuban Seni dll.

Kehadiran KIM di era Reformasi ini bisa menjadi agen informasi yang tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk masyarakat (Bottom up) secara mandiri.  Sejalan dengan definisi KIM sendiri yaitu sebuah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, serta secara khusus sebagai layanan informasi masyarakat terhadap isu-isu pembangunan sesuai dengan kebutuhannya, kata Muhammad Rofik Subbag Pengelolaan Pengaduan.

Pada dekade saat ini  perkembangan KIM, diantaranya bahwa :

}   KIM kini hadir bukan dari instruksi pemerintah tapi dari inisiatif masyarakat

}   KIM berkembang sesuai dengan karakteristik masyarakat setempat

}   KIM tidak hanya media penyalur informasi (channel) tetapi juga produsen (source) dan konsumen (receiver) informasi

}   Sebagai media yang lahir dari masyarakat, KIM bebas dari kepentingan pemilik modal.

Dibagian lain disampaikan oleh  Subbag Pengelolaan Pengaduan  yang menjadi dasar hukum  program kegiatan KIM di Wilayah Kabupaten Sidoarjo adalah  Keputusan Bupati Sidoarjo No. 188/197/404.1.3.2/2014 Tentang Pembina Kelompok Informasi Masyarakat Tahun 2014.

Untuk tujuan dibentuknya KIM di masing-masing Desa se Wilayah Kecamatan Tanggulangin, antara lain :

1. Sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan desiminasi informasi pembangunan kepada masyarakat

2.  Sebagai mediator komunikasi dan informasi pemerintahan dan pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan ;

3. Sebagai forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintahan dan pembangunan.

Selama kurun waktu 2014 ini Bagian Humas dan Protokol telah melakukan Sosialisasi Pembentukan KIM di 6 (enam) Kecamatan, meliputi : Porong, Buduran, Wonoayu, Candi,Tanggulangin dan terakhir nanti Krian, cetus Muhammad Rofik,S.Sos, MM.


Dalam Sosialisasi dan Pembentukan KIM itu Ketua KIM Melati Endang Sulistyaningsih menyampaikan  sebagai media informasi dan komunikasi KIM bisa membangun website KIM yaitu berupa Blog yang merupakan sebuah halaman web digital  berbasis internet memiliki muatan informasi dan juga sebagaijejaring sosial yang menghubungkan pemilik blog dengan pembaca blog.

Selain itu pinta Endang Sulistyaningsih untuk nama blog  dan rubrikasi yang merupakan nama KIM nantinya harsus mengandung  nilai lokalitas, unik dan menarik. Selain menurut Ketua KIM Melati  konten blog harus terisi dan terus diperbaharui serta tampilan blog harus menarik, dengan  mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Yahoo dan lain-lain, seperti website : http://kimmelati-sda.blogspot.com/.

Harapan dari Muhammad Rofik Subbag Pengelolaan Pengaduan pada Bagian Humas & Protokol dengan masing-masing Desa di setiap Kecamatan terbentuk 1 (satu) KIM maka nantinya diminta untuk bisa melakukan dan mengembangkan kerjasama stake holder lainnya diantaranya dengan : Pemerintahan Desa/Kelurahan, Pengusahan/UMKM lokal, Media Massa Lokal serta komunitas lain di masyarakat,.