Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
181 Anak Ikuti Khitan Massal Gratis
Dilihat
568
Penulis:
2013-02-13 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Sebanyak 181 orang anak dari keluarga kurang mampu yang ada di Kabupaten Sidoarjo tadi pagi, Rabu (13/2)) mengikuti khitan massal gratis yang diselenggarakan BAZ (Badan Amil Zakat) Kabupaten Sidoarjo. Khitan massal gratis yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 154 tersebut di lakukan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum saat membuka kegiatan tersebut, berharap lewat kegiatan khitan massal gratis yang diselenggarakan tiap tahunnya dapat membantu meringankan beban kaum duafa. Untuk itu H. Saiful Ilah berpesan agar kegiatan-kegiatan sosial seperti ini betul-betul diarahkan kepada masyarakat yang membutuhkan tanpa adanya kepentingan-kepentingan lain. Baik itu kepentingan pribadi, kelompok,maupun golongan-golongan tertentu.

Dalam kesempatan tersebut orang nomer satu di Kota Delta itu meminta kepada semua pihak untuk ikut mendukung dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial semacam ini. Pasalnya kegiatan seperti ini ujar bupati asli Sidoarjo tersebut adalah untuk kemasyalahatan umat.

Kegiatan ini Saya rasa sangat tepat dan bijak, mengingat kondisi perekonomian masyarakat saat ini, terutama bagi kaum dhuafa, perlu banyak dukungan dan uluran tangan untuk mengurangi beban yang dirasakan selama ini, sampainya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berpesan kepada anak-anak yang akan di khitan untuk tidak takut apalagi sampai menangis. Sebelum di khitan, ia meminta kepada anak-anak untuk berdoa dengan membaca basmallah.

Jangan lupa membaca Bismillahirrohmanirrohim dan nanti jangan bayangkan sakitnya tapi bayangkan saja pelajaran di sekolah, pesannya.

Dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM, Sekda Sidoarjo yang merangkap sebagai Ketua BAZ Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH, serta Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo Sumardi SH,MM serta Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Sidoarjo Ny. Anik Saiful Ilah dan Ny. Nanik Hadi Sutjipto dan Kepala SKPD Kabupaten Sidoarjo. Dalam kesempatan tersebut anak-anak yang akan di khitan berikrar dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Sementara itu Wakil Ketua III BAZ Kabupaten Sidoarjo Drs. Ilhamuddin mengatakan bahwa kegiatan khitan massal yang diselenggarakan hari ini merupakan program kerja tahunan dari BAZ Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan tersebut ujarnya adalah bentuk pelaksanaan dari penyaluran zakat, infaq dan sedakah yang di terima oleh BAZ Sidoarjo.

Dalam khitanan massal  gratis kali ini lanjut Drs. Ilhamuddin, 20 tim tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo diterjunkan. Satu tim berjumlah dua orang tenaga medis yang dalam sekali pelaksanaan operasi khitan berjumlah 20 anak.  Untuk tenaga medisnya kita menggandeng Dinas Kesehatan Sidoarjo, ujarnya.

Kedepan Ilhamuddin berharap untuk kegiatan sosial seperti ini, setiap tahunnya dapat diselenggarakan oleh BAZ Sidoarjo. Untuk itu ia menghimbau kepada para muzaki untuk sadar dalam menyisihkan 2,5% hartanya untuk berzakat. Karena ingat Drs. Ilhamuddin, bahwa  2,5% harta yang kita miliki adalah hak fakir miskin.

Selain khitan massal yang diselenggarakan hari ini, ujar Drs. Ilhamuddin yang juga menjabat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Setda Sidoarjo tersebut nantinya BAZ Sidoarjo juga akan menggelar kegiatan sosial lainnya. Seperti nikah massal, operasi katarak dan operasi bibir sumbing bagi kaum dhuafa
 
Dalam kesempatan itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah secara simbolis memberikan bingkisan kepada anak-anak yang akan mengikuti khitan gratis kali ini. Masing-masing anak akan menerima bingkisan berupa songkok, sarung, baju taqwa serta bantuan uang transport. Pasca dikhitan nantinya mereka juga akan mendapatkan pengobatan gratis di masing-masing puskesmas yang ada di desanya. (humas/git)