Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
P3M Sidoarjo dan KIM Melati Hadiri Rapat Koordinasi dan Pembinaan KIM Tingkat Propinsi Jatim di Bakorwil Pamekasan
Dilihat
432
Penulis:
2014-09-15 12:18:06




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembinaan dengan tema Peningkatan Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)dan Seleksi Penyisihan Lomba LCCK tingkat Bakorwil9 yang bertempat di Aula Bakorwil Pamekasan, senin(15/9).

Rakor ini dihadiri oleh Dinas Kominfo Prov. Jawa Timur, Ambar Sulistyorini, SH, MM, dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pemerintah Propinsi Jawa Timur, Drs. Imam, yang mana dalam rapat koornidasi kali ini para narasumber memberikan materi jurnalistik, pembentukan usaha kecil menengah dan pendekatan terhadap  media, terutama media lokal kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Bakorwil Pamekasan, terdiri dari tujuh kabupaten/kota, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Dari pemerintah kabupaten Sidoarjo hadir Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Sidoarjo H. Machmudi Alie, SH, Kasubbag Protokol Kusdianto, SH serta Kasubbag P3M Muhammad Rofik, S, Sos.

Melalui P3M ( Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat), KIM yang ada di kabupaten Sidoarjo sudah berangsur-angsur berkembang, saat ini lebih dari 5 kecamatan sudah menerima sosialisasi dan saat ini sudah dalam tahap pembentukan pengurus ditingkat kecamatan.

Selain dihadiri pejabat pemda Sidoarjo, rapat bakorwil Pamekasan juga dihadiri oleh Ketua KIM Melati dari kecamatan Buduran, Listyowati bersama dua anggota KIM Melati lainnya,  dimana KIM Melati termasuk KIM yang ditunjuk oleh P3M untuk mewakili KIM yang ada diwilayah Sidoarjo.

Salah satu agenda dari rapat Bakorwil Pamekasan ini adalah seleksi administratif bagi KIM yang ada dikabupaten/kota, dalam rangka mengikuti lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) tingkat propinsi Jawa Timur, dan salah satu syaratnya ialah KIM tersebut sudah memiliki usaha dan usaha tersebut sudah berjalan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pemerintahan Bakorwil Pamekasan Toni Suhardi, SH yang mewakili kepala Bakorwil Pamekasan Ir. Eddy Santoso, MM, ia mengatakan, kegiatan Rakor ini merupakan bagian dari upaya strategis untuk meningkatkan peran kelompok informasi masyarakat di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam aspek publikasi, komunikasi dan informasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akuntabel dan mudah diakses masyarakat.

Yang mana Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini dibentuk sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam mendiseminasikan kebijakan pemerintah untuk mencari jalan pemecahan masalah secara efektif melalui pemberdayaan informasi publik dan jejaring komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Setiap pengelola SKPD dan anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) harus sejalan dan satu bahasa dengan kebijakan pemerintah daerah, terutama menyangkut pengelolaan informasi, komunikasi dan publikasi berbagai kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan , ujar Toni.

Menurut Kabid. Jaringan Komunikasi Dinas Kominfo Prov. Jatim, Ambar Sulistyorini, SH, MM, bahwa peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini sangat penting, karena sebagai penyambung lidah antara pemerintah dengan masyarakat. Akan tetapi dalam upaya meningkatkan peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini masih terdapat kendala-kendala yang mengakibatkan menurunnya peranan dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tersebut.

"Maka diharapkan dalam Rakor ini adanya bertukar pendapat dan pemikiran dari masing-masing SKPD untuk memaparkan program-program, terobosan maupun inovasi dalam pembinaannya terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) , terang Ambar.

Dalam Rapat koordinasi kali ini, Dinas Kominfo Prov. Jatim juga berkesempatan untuk melakukan update data Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sesuai dengan data yang nyata dari masing-masing SKPD yang hadir waktu itu, dan sekaligus juga memberitahukan tentang Lomba Cerdik Cermat Komikatif (LCCK) yang akan di adakan pada akhir tahun 2014 tambah Kabid. Ambar Sulistyorini.

Harapannya dengan diadakan rapat koordinasi ini, untuk kedepannya peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Bakorwil Pamekasan ataupun di wilayah Provinsi Jawa Timur bisa lebih meningkat lagi dalam penyebaran informasi terhadap masyarakat, dan bisa mengikuti Lomba Cerdik Cermat Komikatif (LCCK).(humas/irw).