Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
SIDOARJO RAIH WTN 3 KALI BERTURUT - TURUT, SEBAGAI TANDA KABUPATEN YANG TERTIB DALAM BERLALU LINTAS
Dilihat
458
Penulis:
2014-09-12 10:13:22




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Kabupaten Sidoarjo dibawah kepemimpinan Bupati H. Saiful Ilah, SH, M. Hum dan Wabup H. H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM kembali menorehkan prestasi tingkat Nasional. Kali ini prestasi yang diterima adalah Pelakat dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Wahana Tata Nugraha ( WTN) Tahun 2014 katagori Lalulintas untuk Kota Sedang.


Penyerahan Pelakat Wahana Tata Nugraha yang berlangsung di Gedung Smesco UKM Jln Gatot Subroto Jakarta Rabu, (10/8) ini merupakan penghargaan yang kelima kalinya yakni Tahun 2006, 2007, 2012, 2013 dan 2014 ini diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada daerah Kabupaten/Kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik, penghargaan diserahkan  langsung oleh Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan kepada Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum bersama 45 Bupati/Walikota lainnya.


Penyerahan tersebut diserahkan Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan, dan sejumlah undangan dari jajaran pejabat kementerian maupun kepolisian, para Kapolres dan Kadishub dari berbagai daerah lainnya,.


H. Saiful Ilah saat dihubungi usai acara penyerahan penghargaan WTN menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat kabupaten Sidoarjo,  atas peran serta aktifnya dengan penuh kesadaran menegakkan kedisiplinan dalam berlalu-lintas di jalan raya, disamping kepada semua unsur jajaran penyelenggara lalu-lintas termasuk Polres Sidoarjo yang telah bekerja dengan penuh kesungguhan dan pengabdian tinggi tanpa mengenal lelah.


" Penghargaan WTN ini merupakan tanda bahwa penataan lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo dinilai teratur, aman serta nyaman oleh pemerintah pusat", terang H. Saiful Ilah.


Ada beberapa aspek yang menjadi penilaian oleh pemerintah pusat, seperti pada aspek sarana prasarana lalu lintas dan pelayanan kepada masyarakat.


Disamping itu perilaku masyarakat berlalu lintas juga menjadi penilaian, baik pengemudi maupun pengguna angkutan dalam berkendara serta memanfaatkan sarana dan prasarana jalan, ujarnya Bupati Sidoarjo.


Bupati selanjutnya juga berharap agar kinerja yang telah ditunjukkan dengan baik ini dapat terus ditingkatkan pada tahun-tahun ke depan, untuk menjadikan kota Sidoarjo semakin nyaman karena selama ini juga merupakan kota penerima Piala Adipura.


Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Protokol kabupaten Sidoarjo H. Machmudi Alie, SH mengatakan bahwa tujuan pemberian penghargaan Wahana Tata Nugraha tersebut adalah untuk meningkatkan penyelenggaraan transportasi di kawasan perkotaan yang handal, berkelanjutan, dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam disiplin lalulintas sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu-lintas.


Adapun Penilaian Penghargaan Wahana Tata Nugraha, meliputi: Tahap I (Penilaian Administrasi) dilakukan oleh Panitia Tingkat Provinsi yang meliputi aspek perencanaan, pendanaan, kelembagaan, dan perundang-undangan, sumber daya manusia, angkutan, prasarana, lalu lintas dan lingkungan, dengan bobot 30 %.


Tahap II (Penilaian  Teknis dan Operasional) dilakukan oleh tim penilai dari Panitia Tingkat Provinsi, Akademisi, dan Panitia Tingkat Nasional, yang meliputi aspek sarana, prasarana, lalu lintas, dan pelayanan kepada masyarakat, dengan bobot 35 %.


Tahap III (Penilaian komitmen kepala daerah dan kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan) dilakukan oleh tim penilai dari Panitia Tingkat Nasional, dengan bobot 35 %.


Dari hasil penilaian dan rapat pleno Panitia Tingkat Nasional diusulkan penerima penghargaan WTN adalah sebagai berikut : Plakat WTNdiberikan kepada 65 (enam puluh lima) Kota/Kabupaten, Piala WTNdiberikan kepada 11 (sebelas) Kota/Kabupaten, Piala WTN Kategori Lalu Lintas diberikan kepada 96 (sembilan puluh enam)  Kota/Kabupaten, Piala WTN Kategori Angkutan, diberikan kepada 1(satu) Kota, Piala WTN Kencana, diberikan kepada 2 (dua) Kota, Piala WTN Wiratama, diberikan kepada 7 (tujuh) Provinsi.


Sebelumnya, Sidoarjo sudah dua kali berturut - turut menerima WTN dari Kementerian Perhubungan RI, pertama tahun 2012 dan kedua tahun 2013 dan Bupati Sidoarjo mengharapkan dengan diraihnya piala WTN yang ketiga kali berturut-turut ini, kurang dua kali lagi Sidoarjo akan meraih pepenghargaan WTN Kencana, yaitu kategori WTN tertinggi, karena kabupaten atau kota berhak mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha Kencana apabila selama lima kali berturut - turut meraih WTN. (humas/irw).