Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Tingkatkan Minat Baca Ibu-ibu, Gelar Lomba Memasak
Dilihat
449
Penulis:
2014-09-10 04:37:35




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.-Mungkin tidak ada kaitannya meningkatkan minat baca dengan lomba memasak. Tapi hal itu dilakukan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo. Untuk meningkatkan  minat baca ibu-ibu rumah tangga, Kantor Perpustakaan dan Arsip tersebut menggelar lomba memasak hasil baca buku di perpustakan.  Sesuai dengan temanya, masakan yang harus disajikan harus berasal dari referensi buku bacaan yang ada diperpustakaan.


24 peserta yang mewakili perpustakaan desa/kelurahannya beradu dalam lomba memasak yang digelar di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo, Rabu, (10/9). Ibu-ibu dari 18 kecamatan tersebut berlomba-lomba mensajikan masakan hasil referensi buku perpustakaan yang dibacanya.


Dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah, lomba memasak tersebut berlangsung meriah.  Ny. Hj. Anik Saiful Ilah mengapresiasi positif atas penyelenggaraan lomba memasak hasil baca buku di perpustakaan tersebut. Ia berharap lomba semacam ini harus terus dilestarikan agar pembaca buku mengerti manfaat positif dari kegemaran membaca.


Lomba ini merupakan wujud apresiasi pemerintah daerah terhadap para pembaca buku perpustakaan, sampainya.


Ny. Hj. Anik Saiful Ilah menambahkan hasil baca buku yang dapat diaplikasikan ke dalam karya nyata akan mampu menambah pendapatan keluarga. Seperti halnya dengan lomba memasak hasil baca buku di perpustakaan kali ini. Selain dapat meningkatkan kebiasaan membaca ibu-ibu rumah tangga, Ny. Hj. Anik Saiful Ilah yakin mempraktekkan hasil baca dapat menjadikan sebuah kegiatan yang mendukung perekonomian keluarga.


Lomba yang sedang saudara ikuti dapat dipakai untuk mengasah bakat, menguji kemampuan dan mempraktekkan keterampilan memasak, bahkan lomba ini dapat dipakai sebagai promosi usaha makanan olahan, sampainya.


Dalam kesempatan tersebut Istri dari Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum tersebut merasa bangga atas partisipasi para ibu-ibu pembaca buku perpustakaan serta para pengurus perpustakaan desa dan para TP. PKK desa yang mengikuti lomba masak hasil baca buku di perpustakaan kali ini. Ia berharap melalui lomba kali ini, para peserta dapat terus meningkatkan kebiasaan bacanya.


Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo Drs. Sutjipto MM mengatakan kegiatan lomba memasak hasil baca buku di perpustakan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Kunjungan Perpustakaan (HKP). Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan tersebut bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan minat baca masyarakat khususnya para peserta lomba memasak.



Selain itu, melalui lomba memasak hasil baca buku di perpustakan kali ini bertujuan untuk mendorong petugas pengelola perpustakaan dalam mengembangkan perpustakaan desa/kelurahan. Pasalnya dengan


Diharapkan dengan adanya kegiatan lomba yang melibatkan peran serta masyarakat khususnya kaum ibu, maka semangat dan minat membaca masyarakat Sidoarjo semakin meningkat, harapnya.


Drs. Sutjipto juga berharap dengan meningkatnya minat baca masyarakat akan dapat memotivasi  masyarakat untuk mengembangkan perpustakaan desa/kelurahan yang ada. Oleh karena itu peranan petugas pengelola perpustakaan desa/kelurahan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui perpustakaan yang dikelolanya.


Dalam kesempatan tersebut  dewan juri dari TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, SMKN 1 Buduran serta dari Dinas Perikanan dan Kelautan Sidaorjo menetapkan juara pertama diraih oleh Desa Siwalan Panji Kecamatan Buduran. Juara kedua diraih oleh Desa Tropodo Kecamatan Waru sedangkan juara ke tiga diraih oleh Desa Wage Kecamatan Taman.


Selain tropy yang akan diserahkan pada acara gelar membaca yang akan diselenggarakan di Pendopo Delta Wibawa tanggal 30 September besok, para pemenang lomba berhak mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.  Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah menyerahkan Piagam penghargaan serta uang pembinaan tersebut kepada pemenang lomba. (humas/git)