Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Sosialisasikan Program Sekolah Adiwiyata
Dilihat
905
Penulis:
2014-09-09 02:26:33




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus mendorong sekolah-sekolah untuk menerapkan Program Adiwiyata.  Salah satunya dengan memberikan Sosialisasikan Program Sekolah Adiwiyata kepada guru sekolah yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Selasa (9/9).


Melalui Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo, dorongan tersebut disampaikan kepada guru sekolah di Sidoarjo mulai jenjang pendidikan SD sampai SMA sederajat di Gedung Delta Karya Setda Kabupaten Sidoarjo. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum membuka kegiatan tersebut.


Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyampaikan bahwa program Adiwiyata merupakan program strategis untuk merubah perilaku dengan membangun kesadaran anak sejak usia dini terhadap pelestarian lingkungan. Selain itu, melalui program Adiwiyata tersebut akan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran seluruh warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan.


Ia menyampaikan bahwa pelaksanaan Program Adiwiyata di Kabupaten Sidoarjo mendapat sambutan hangat oleh semua pihak. Hal tersebut dibuktikan  dengan prestasi yang diraih Kabupaten Sidoarjo melalui penghargaan Adiwiyata yang diterima oleh sekolah yang ada di Sidoarjo.


Sampai dengan tahun 2014 ini, ujar Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah,  2 sekolah yang ada di Sidoarjo berhasil memperoleh penghargaan Adiwiyata Mandiri. Sedangkan  16 Sekolah lainnya berhasil meraih Adiwiyata Kabupaten.


Untuk itu ia berharap, Program Adiwiyata di Kabupaten Sidoarjo dapat terus berkembang. Agar upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Sidoarjo dapat terus terwujud. Salah satunya dapat dicapai melalui kegiatan Sosialisasi Program Sekolah Adiwiyata kali ini.


Melalui sosialisasi yang dilaksanakan saat ini, diharapkan semakin memotivasi banyak sekolah melaksanakan Program Adiwiyata di sekolah masing-masing, sampainya.


Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sidoarjo, Drs. Siswojo menyampaikan bahwa masih sedikit sekolah yang ada di Sidoarjo yang menerapkan program Adiwiyata. Untuk itu melalui sosialisasi tersebut diharapkan semakin banyak sekolah-sekolah di Sidoarjo yang menerapkan program Adiwiyata.


Drs. Siswojo menyampaikan peran serta dan keterlibatan warga sekolah sangat dibutuhkan dalam program Adiwiyata. Pasalnya keterlibatan warga sekolah didalam kegiatan sekolah untuk menuju lingkungan sekolah yang sejuk akan dapat tercapai. Sehingga nantinya, sekolah yang ada di Kabupaten Sidoarjo bisa dikatakan menuju lingkungan green school dalam pengelolaan lingkungannya.


Bagaimana Adiwiyata itu menjadi budaya lingkungan di sekolah, bukan sekedar mencari juara, kalau mencari juara selesai, sampainya.


Mantan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Sidoarjo tersebut  juga menyampaikan kalau tahun ini ada 4 sekolah di Kabupaten Sidoarjo yang diusulkan Propinsi Jawa Timur untuk sekolah Adiwiyata Nasional. Yakni SMKN 1 Sidoarjo, SMKN 3 Buduran, SMP Hang Tuah 5 Candi dan SD Pembangunan Jaya 2 Gedangan. Disamping telah menerapkan program Adiwiyata, dipilihnya sekolah-sekolah tersebut sampainya karena telah mendukung program Adipura. (humas/git)