Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Tour de East Java 2014 Diikuti 12 Negara, Putra Sidoarjo Raih Juara II
Dilihat
213
Penulis: Super Admin
2014-09-08 07:13:40




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Sidoarjo kembali dipercaya sebagai tuan rumah dalam event internasional balap sepeda Tou de East Java, sejak tahun 2005 hingga 2014 sudah sepuluh kali Kabupaten Sidoarjo ditunjuk oleh ISSI ( Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia )yang bekerja sama dengan propinsi Jawa Timur dalam penyelengaran balap sepeda tingkat internasional, bertempat di KNV ( Kahuripan Nirvana Village ), sabtu, 6/9.

Sebanyak 12 negara dan 13 team dengan total 75 peserta akan memperebutkan gelar Tour de East Java kali ini, ke dua belas negara tersebut adalah Malaysia (Malaysia National Team, Trenggu Cycle Team), Iran (Tabriz Petro Chemicel, Pish Gaman Yazd Pro Cycling Team), Jepang (Aisan Racing Team), Brunaidarrusalam (CCN Cycling Team), Taiwan (Team Gusto), Denmark (Eddy Holland), Singapura, China, Australia, Nigeria, Netherland.

Indonesia sendiri menerjunkan lima tim, antara lain tim dari BRCC Banyuwangi, Kukar - Kutai Kartanegara, Translibas, Pegasus Continental Cycling Team dan yang terakhir Polygon Sweet Nice.

Jarak rute yang dilalui sepanjang 30 km, sejumlah rute yang akan dilewati meliputi Kecamatan Sidoarjo tepatnya pada Jalan Pahlawan, Simpang 3 Tamrin yang menuju pada Kecamatan Buduran yaitu jalan Raya Buduran, Simpang 3 Maspion, Lingkar timur yang akan mengarah kekecamatan Candi melalui jalan Raya Candi yang akan menuju Jalan Raya Tanggulangin hingga raya Porong.

Dari arah Porong rutenya menuju Simpang 4 Juwet Arteri Baru yang mengakses menuju Jalan Raya Krembung, simpang 3 Krembung Simpang 3 Bulang mengarah ke Simpang 3 Prambon hingga Jalan Raya Prambon. Dari situ melanjutkan menuju jalan Simpang 3 tropodo arah Jalan Raya Wonoayu hingga menuju Jalan Lebo, Simpang Suko yang akhirnya finish lagi menuju Perum Kahuripan Nirwana sekitar pukul 13.00 Wib.

Start dimulai pukul. 10.00 wib, diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo dengan didampingi oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M, Hum dan pengurus ISSI Kabupaten Sidoarjo Parman.

Dintandai dengan melepas balon dan burung merpati putih, H. Soekarwo melepas bendera tanda dimulainya start balap sepeda Tour de East Java 2014.

H. Soekarwo berharap event ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi oleh daerah yang menjadi tuan rumah, karena rute yang dilalui mencakup hampir total dari seluruh jalan yang ada  kabupaten, semoga tahun depan Sidoarjo bisa menjadi tuan rumah lagi, dan lebih ramai lagi pesertanya", terang orang nomor satu di Jatim ini.

Ditempat yang sama, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik dan siap apabila Sidoarjo dipercaya kembali untuk menjadi tempat balap sepedamTour De East Java ditahun 2015 mendatang, dan pemkab akan mepersiapkan dan membantu memfasilitasi", terangnya.

"Ini adalah event yang ke sepuluh, dimana Sidoarjo dipilih menjadi tempat balap sepeda Tour de East Java, kita akan bikin lebih meriah lagi pada event tahun depan" jelas Bupati.

Balap sepeda Tour de East Java tahun 2014 ini dimenangkan oleh Nakajima Yosuharu dari Aisan Racing Team dari negara Jepang dengan kecepatan 3.01.32 detik dengan point 15, sedangkan posisi runner up diraih oleh Kaswanto dari Polygon Sweet Nice team dari negara Indonesia dengan kecepatan 3.01.32 detik dengan point 12 dan untuk posisi juara ke tiga diraih oleh Zahgari Amir dari Pish Gaman Yazd Pro Cycling Team dari negara Iran.

Dalam kesempatan ini, H. Saiful Ilah berkesempatan memberikan piala kepada juara 1 yang dimenangkan oleh Nakajima Yosuharu dari Jepang, selain meraih juara I, Nakajima juga meraih juara sprint tercepat, Nakajima berhak mendapatkan medali emas dan uang sebesar 650 euro, untuk Juara II  Kaswanto mendapatkan medali perak dan uang 300 euro, sementara Zahgari berhak mendapatkan medali perunggu dan uang sebesar 150 euro. (humas/irw).