Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
WAKIL BUPATI BUKA JAMBORE CABANG SIDOARJO 2014
Dilihat
395
Penulis:
2014-09-05 07:30:01




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Bertujuan untuk mengamalkan Tri Satya Pramuka dan Dasa Darma Pramuka, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sidoarjo menggelar Jambore Cabang 2014 di Lapangan Kompi Kavaleri Panser 3 Desa Sarirogo, Kecamatan Sidoarjo Kamis (28/8) sampai dengan Minggu (31/8).


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM sekaligus selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo membuka secara resmi Jambore Cabang ini. Pembukaan ini ditandai pula dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta.


Upacara Jambore Cabang ini di hadiri oleh Komandan Kompi Panser, Forpimka dan di ikuti oleh 520 peserta Pramuka penggalang dari Kwartir Ranting se-Kabupaten Sidoarjo. Jumlah ini belum termasuk 65 orang pendamping dan 17 orang pemimpin kontingen.


Sebelum menyampaikan sambutannya, Kak MG Hadi Sutjipto diberi kesempatan istimewa untuk melakukan pemeriksaan pasukan menggunakan kendaraan Panser. Merupakan kebanggaan tersendiri baginya bisa menaiki kendaaran tersebut. Saya tidak pernah bermimpi bisa naik Panser, karena saya bukan tentara Ujarnya.


Dalam sambutannya Kak MG Hadi Sutjipto menjelaskan, Di era globalisasi dewasa ini, penuh dengan kemajuan Ilmu pengetahuan dan Teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itulah kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yg memiliki watak yg kuat .


Gerakan Pramuka masih dan tetap relevan dengan perkembangan jaman,­­­ dalam fungsinya untuk membentuk pemuda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya dan menjunjung tinggi kesatuan Indonesia.


Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan pemuda indonesia, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda Jelas Kak Hadi Sutjipto.


Dalam kurun 1 dasawarsa ini, dapat dicatat 3 hal penting perkembangan Gerakan Pramuka, pertama dicanangkannya revitalisasi Gerakan Pramuka oleh Wapres RI. Kedua telah terbitnya undang-undang tentang Gerakan Pramuka yang memperkuat legalitas Pramuka di negeri ini. Dan yang terakhir adalah masuknya materi pendidikan kepramukaan ke dalam Kurikulum 2013 sebagai ekstrakurikuler wajib.


Di akhir acara, Kak Hadi Sutjipto menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi perkemahan dan menyapa seluruh peserta Jambore Cabang ini. Para peserta begitu antusias dan gembira menyambut kedatangannya dengan menyanyikan lagu selamat datang. (dk/humas)