Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Buka Bimtek Managemen Penguatan Pemerintah Desa
Dilihat
233
Penulis:
2014-08-26 03:25:42




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Sebanyak 55 kepala desa yang baru dilantik mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Managemen Penguatan Pemerintah Desa oleh Pemerintah Daerah  Kabupaten Sidoarjo, kemarin, (25/8). Bimtek untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan sebagai penyelenggara  pemerintah desa tersebut diselenggrakan di Royal Tretes View Hotel Prigen-Pasuruan.


Kegiatan Bimtek Managemen Penguatan Pemerintah Desa Bagi Kepala Desa Baru tersebut di buka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH, MM serta Sekretaris Daerah Sidoarjo  H. Vino Rudy Muntiawan SH serta Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Drs. Fauzi Isfandiari hadir dalam Bimtek yang akan diselenggarakan selama lima hari tersebut.


Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyampaikan bahwa kegiatan yang diselengarakan kali ini adalah upaya untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah. Peningkatan kompetensi  aparatur pemerintah sampainya, merupakan salah satu kunci terwujudnya tata pemerintah yang baik.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan tantangan permasalahan penyelenggaraan pemerintah ke depan tidaklah semakin mudah. Secara eksternal sampainya, penyelenggara pemerintah dihadapkan pada kondisi pola pikir masyarakat yang semakin kritis. Dan secara global berhadapan dengan tuntutan-tuntutan nilai yang semakin menguat. Yakni mulai dari profesionalisme, transparansi serta demokratisasi. Hal tersebut secara garis besar sampai bupati Sidoarjo terangkum dalam konsep clean government and good governance.


Secara internal tantangan terbesar bagi kita adalah diri kita sendiri tentang bagaimana kita merespon kondisi dan tuntutan masyarakat, sampainya.


Untuk itu dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menaruh harapan besar kepada kepala desa yang baru akan perubahan yang signifikan pada tatanan penyelenggaraan pemerintahan desanya. Meskipun ia menyadari tugas dan tanggung jawab sebagai kepala desa tidaklah ringan. Namun hal tersebut pesan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah tidaklah perlu dibuat sulit. Salah satu kunci utama sampainya adalah niat.


Mari kita niatkan apa yang kita kerjakan sebagai bentuk ibadah. Dengan niat yang lurus, kesungguhan hati dan penuh keikhlasan, Insyaalloh apa yang kita cita-citakan akan berhasil, ajaknya.


Sementara itu Kepala Bagian Administrasi Pemerintah Drs. Sugeng Dariyanto, MM mengatakan Bimtek tersebut diselenggarakan untuk memberikan pembekalan, pengetahuan dan wawasan kepala desa sebagai penyelenggara pemerintah desa. Dengan harapan hal tersebut sampai Sugeng, kepala desa yang baru mampu melaksanakan tugas, fungsi, wewenang dan kewajibannya dengan baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


Sugeng Dariyanto berharap melalui Bimtek kali ini akan dapat mendorong percepatan penguatan kapasitas penyelenggara pemerintah desa secara komperhensif, terencana dan terstruktur dalam mengimplementasikan UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa. Untuk itu ia berharap, peserta Bimtek dapat mengikuti seksama materi-materi yang akan disampaikan oleh 25 narasumber dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Sidoarjo. (humas/git)