Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
CEGAH ANGKA GOLPUT TINGGI, BAKESBANGPOL BAGIKAN KAMBING
Dilihat
468
Penulis:
2014-07-24 10:41:05




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Berbagai cara sudah dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk menekan angka golput saat pemilu presiden 2014 kemarin, salah satunya yang dilakukan oleh Pemda Sidoarjo adalah memberikan hadiah kepada PPS/PPK maupun TPS yang memiliki tinggat kehadiran tinggi atau jumlah golput yang sedikit. Melalui Bakesbangpol Pemda Sidoarjo menyediakan 10 ekor kambing sebagai hadiah bagi penyelenggara pilpres 2014 ditingkat kecamatan hingga tingkat desa.


Setiap dilaksanakan pesta demokrasi, seperti pileg, pilpres maupun pilkada berlangsung, bakesbangpol selalu memberikan reward/hadiah kepada PPK dan PPS maupun TPS yang dianggap mampu menekan angka golput.


Pemberian hadiah kambing dapat memberikan motivasi sendiri bagi panitia pemilu ditingkat kecamatan hingga desa untuk berlomba - lomba menjadi yang tersukses dalam menekan angka golput, cara ini sudah terbukti dengan menurunnya angka golput saat pileg maupun pilpres 2014 dibanding tahun sebelumnya.


Untuk wilayah provinsi Jawa Timur, Sidoarjo menjadi salah satu kabupaten/kota yang dianggap berhasil menekan angka golput, pada pileg 2014 angka golput dibawah 30 % (persen) tepatnya 24,28 % sedangkan pada pilpres 2014 kemarin angka golputnya sebesar 28,28 %, meski mengalami kenaikan 4 %, namun masih bisa ditekan tidak sampai mencapai 30 %.


Hadiah berupa pemberian kambing kepada PPK,PPS hingga KPPS yang mampu melaksanakan tugas PilpresĀ  2014 dengan maksimal, oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Bakesbangpol, Rabu (23/7/2014) di Pendopo kabupaten Sidoarjo, selama ini masih menjadi salah satu cara yang cukup membantu dalam mengurangi angka golput.


Penyerahan hadiah kambing diberikan langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum dengan didamping oleh Kepala Bakesbangpol Sidoarjo Jusuf Isnajanto, S. Sos dengan disaksikan pejabat SKPD dan awak media.


H. Saiful Ilah manaruh harapan yang besar kepada masyarakat agar setiap dilaksanakannya pemilu selalu menggunakan hak suaranya, jangan memilih golput.


" Alhamdulillah, angka golput Sidoarjo termasuk salah satu yang terendah diwilayah Jawa Timur, dan ini harus kita pertahankan, sudah menjadi tugas kita bersama dalam menekan angka golput, terutama peran dari pemerintah daerah harus maksimal", terang H. Saiful Ilah.


Untuk pilpres 2014 ini, pemberian reward 10 ekor kambing itu, diberikan lebih merata kepada PPS dan KPPS, yang mampu menunjukkan kerjanya dengan bukti tingkat kehadiran maksimal.


Untuk tingkat kehadiran level PPK, Kecamatan Tarik kembali menyabet reward satu ekor kambing, dengan tingkat kehadiran pemilih mencapai 80 persen.

Sedangkan di tingkat PPS, Desa Mojorangagung Kecamatan Wonoayu, giliran mendapat reward dengan tingkat kehadiran sebesar 98 persen.


Tingkat TPS yang partisipasinya tinggi diatas 500 warga, diraih TPS 04 Desa Putat Kecamatan Tanggulangin, dengan tingkat partisipasi sebesar 100 persen.

KPPS Putat mendapatkan hadiah 2 ekor kambing, ujar Jusuf Isnajanto, S.Sos Kepala Bakesbangpol Sidoarjo.


Selanjutnya untuk KPPS terbaik kedua, diraih KPPS di TPS 06 Desa Bulang Prambon dan KPPS di TPS 01 Junwangi Krian dengan tingkat partisipasi kehadiran mencapai 97 persen dan 90 persen, yang masing-masing mendapat 1 ekor kambing.


Selain ketiga penyelenggara pemilu paling sukses diatas, Bakesbangpol juga memberikan reward kepada TPS 15 Desa Brebek Waru (2 ekor kambing), TPS 08 Desa Sidomulyo Krian dan TPS 05 Segodobancang Tarik masing-masing 1 ekor kambing, tutup Jusuf Isnajanto. (humas/irw)