Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Pasar Murah
Dilihat
237
Penulis:
2014-07-21 01:40:55




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Antisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok jelang hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menggelar pasar murah. 6000 paket sembako dijual dengan harga dibawah normal kemarin, sabtu (19/7) di GOR Kabupaten Sidoarjo. Satu paket sembako yang terdiri dari 2 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng serta 3 bungkus mie kering dan 2 botol kecap dijual hanya Rp 15 ribu.


Pasar murah yang dibarengi dengan bazzar UKM tersebut di buka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum yang hadir didampingi istrinya Hj. Anik Saiful Ilah. Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH, MM beserta istri Hj. Nanik Hadi Sutjipto serta Sekda Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan SH yang juga bersama istri Hj. Nun Vino Rudy Muntiawan hadir dalam kesempatan tersebut.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa perkembangan harga kebutuhan pokok akhir-akhir ini mengalami kenaikan. Hal tersebut dapat dirasakan masyarakat berpenghasilan rendah, khususnya warga yang kurang mampu. Untuk itu sampai Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menggelar pasar murah. Hal tersebut sebagai upaya pemerintah daerah untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari menjelang lebaran.


Untuk itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap pasar murah tersebut dapat benar-benar membantu masyarakat Sidoarjo dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu ia meminta produk-produk yang dipasarkan hendaknya dibutuhkan masyarat agar dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Dalam kesempatan tersbebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengakui bahwa kegiatan pasar murah tersebut belum dapat mengakomodir kebutuhan warga kurang mampu yang ada. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya anggaran yang ada.


Dalam pasar murah tahun ini sampai H. Saiful Ilah, hanya menjangkau lima kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Yakni Kecamatan Sidoarjo, Candi, Buduran, Krembung dan Kecamatan Jabon. Untuk itu kedepan, bupati Sidoarjo meminta kepada SKPD terkait untuk terus meningkatkan kegiatan pasar murah. Agar hal tersebut dapat rasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat kurang mampu di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.


Kedepan kalau bisa jangan hanya lima kecamatan, kalau bisa seluruh kecamatan di Sidoarjo, tapi tidak di selenggarakan disini tetapi dikecamatan masing-masing, sampainya.


Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Sidoarjo, Fenny Apridawati , SKM, M.Kes mengatakan bahwa banyak barang-barang kebutuhan pokok yang dapat dibeli masyarakat dengan harga murah dalam pasar murah kali ini. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sidoarjo untuk meramaikan kegiatan pasar murah tersebut.


Seperti dukungan dari Badan Ketahan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Sidoarjo yang menjual 1.900 paket beras yang berisi  5 kg seharga Rp 30 ribu. Begitu juga dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Sidoarjo yang menyediakan 3,5 ton bandeng dengan harga murah. Masyarakat dapat membeli bandeng yang sudah dikemas 2 kg hanya dengan membayar Rp 25 ribu. Telur seharga Rp 15.500/kg dalam pasar murah kali ini juga dapat peroleh masyarakat.  Dinas Pertanian,Perkebunan dan Peternakan Sidoarjo akan menyediakan sebanyak 300 kg/hari telur yang dijualnya.


Daging ayam potong dalam pasar murah tersebut juga dijual murah, yakni perkilonya dijual seharga Rp 20 ribu. 3 kwintal disediakan bagi masyarakat yang ingin mengkonsumsi daging ayam tersebut. Minyak goreng dengan kemasan 900 ml dijual dengan harga Rp 8.750 serta gula yang dijual Rp 8.500/kg bisa dibeli di pasar murah yang akan dilaksanakan selama dua hari tersebut.  Yakni hari Sabtu dan Minggu tanggal 19-20 Juli. Tidak ketinggalan, Bulog Jawa Timur dalam pasar murah kali ini juga menyediakan tepung terigu seharga Rp 6.800/kg nya.


Dalam kesempatan tersebut mantan Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Sidoarjo Fenny Apridawati mengucapkan terimakasihnya kepada SKPD yang mendukung kegiatan pasar murah tahun ini. Pasar murah yang berakhir hari Minggu di GOR Sidoarjo tersebut akan dilanjutkan di Kecamatan Krembung dan Kecamatan Jabon pada hari Senin (21/7).


Dalam kesempatan tersebut,  Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah yang didampingi istri serta Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto beserta istri dan Sekda Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan juga didampingi istri ikut melayani penjualan sembako murah tahun ini. Tak ayal antrian panjang tak menyurutkan niat masyarakat  untuk membeli sembako murah yang harga normalnya dijual Rp 55 ribu tersebut. (humas/git)