Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Memasuki Usia Ke-154 Tahun
Dilihat
336
Penulis:
2013-01-31 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Tahun 2013 ini, Kabupaten Sidoarjo genap berusia 154 tahun. Ini Merupakan usia yang cukup panjang bagi sebuah perjalanan sejarah kehidupan, dengan berbagai rintangan dan tantangan menuju pen-dewasaan berpikir, bertindak, ber-perilaku dengan  diwarnai kearifan, keteguhan hati dan semangat berbuat serta bertindak, demi menuju kesempurnaan kehidupan masyarakat Sidoarjo yang Sejahtera, Mandiri dan Berkeadilan .

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dalam sambutannya pada upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke-154 di Alun-alun Sidoarjo, Kamis, (31/1).

Ia mengatakan bahwa rentang waktu yang cukup panjang perjalanan kabupaten yang dahulu bernama Sidokare tersebut, akan semakin memantapkan diri bagi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan seluruh Masyarakat Sidoarjo untuk terus melakukan penyempurnaan diberbagai bidang kehidupan, baik yang bersifat materiil maupun spirituil. Ia mengajak untuk memaknai peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke-154 bukan hanya sekedar untuk menyegarkan kembali ingatan kita tentang sejarah dan kiprah Kabupaten Sidoarjo sejak pembentukannya sampai sekarang ini.

Akan tetapi peringatan tersebut haruslah dimaknai juga sebagai ungkapan rasa syukur kita terhadap para syuhada. Baik pejabat maupun rakyat, yang dengan susah payah, penuh dedikasi dan ketulusan membangun kejayaan Kabupaten Sidoarjo hingga seperti sosoknya sekarang ini.

Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo di tahun ini, kita kembali diajak  untuk instrospeksi tentang apa yang telah kita sumbangkan bagi kemajuan bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Sidoarjo, sampainya.

Ia juga menyampaikan bahwa berbagai daya upaya telah dilakukan untuk mencapai cita-cita bersama untuk membangun Kabupaten Sidoarjo kearah yang lebih baik. Usaha tersebut diakuinya tidak selalu mencapai keberhasilan, bahkan seringkali masih dijumpai hambatan dan tantangan. Karena itu, dalam kesempatan tersebut ia mengajak untuk meneladani sikap hidup para pendahulu yang konsisten memegang teguh prinsip untuk selalu menyumbangkan tenaga, pemikiran, bahkan jiwa dan raga untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan melalui pelaksanaan pembangunan di segala bidang.

Masih dalam amanatnya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan bahwa pembangunan di bidang pelestarian lingkungan merupakan salah satu prioritas pembangunan yang sangat penting bagi generasi kita mendatang. Untuk itu ujarnya, dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam menata dan menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan pola pendidikan melalui berbagai penyuluhan tentang pentingnya menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan.
Kesadaran masyarakat merupakan " tiang pondasi " dalam menjaga kondisi lingkungan yang tetap bersih dan hijau. Dipundak kita semua terpikul sebuah amanah dan tanggungjawab untuk melestarikan bumi, ujarnya.

H. Saiful Ilah melanjutkan menjelaskan bahwa dengan adanya penerapan penghijauan, diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestrian lingkungan hidup. Hal tersebut berguna untuk meminimalisir terjadinya bencana alam.

Pembangunan di Sidoarjo  yang berwawasan lingkungan merupakan dasar dalam menciptakan suasana keindahan dan kenyamanan lingkungan,terutama dalam meningkatkan derajat dan kesehatan masyarakat yang optimal, ucapnya.

Ia mengingatkan bahwa tingkat kelestarian lingkungan sebanding dengan tingkat kesehatan kita. Ia mengatakan bahwa lingkungan yang tidak sehat akan berpengaruh pada tingkat kualitas kesehatan manusia.

Dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten  Sidoarjo yang ke-154 tahun  2013 denganTema, Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Sebagai Upaya Pengatasan Kemiskinan Menuju Sidoarjo Sejahtera, Mandiri dan Berkeadilan tersebut. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah di hadapan peserta upacara dari berbagai unsur diantaranya TNI, POLRI, PNS serta pelajar mengatakan  untuk mencapai keinginan yang terdapat dalam tema tersebut bisa terwujud. Adalah apabila dalam jiwa kita terdapat nilai–nilai Akhlaq, Kejujuran, dan Kemurnian hati dalam berpikir dan bertindak, guna menyongsong masa depan Kabupaten Sidoarjo yang lebih maju.

Diakhir sambutannya dalam upacara Hari Jadi Kabupaten  Sidoarjo ke-154 yang dihadiri oleh seluruh Forpimda Sidoarjo serta para pejabat Sidoarjo. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah selaku Pimpinan Daerah dan atas nama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Sidoarjo yang ke-154 Tahun 2013 ini. Marilah kita tingkatkan Partisipasi dan Dukungan kita pada berbagai kegiatan-kegiatan Pemerintahan dan Pembangunan di Kabupaten Sidoarjo .

Dan dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga menyampaikan Piala Evalu