Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
BNN Kabupaten Sidoarjo Peringati Hari Anti Narkoba Internasional
Dilihat
206
Penulis: Super Admin
2014-06-26 04:07:39




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sidoarjo peringati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun ini. Peringatan HANI yang jatuh tanggal 26 Juni tersebut dilakukan di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, tadi pagi, Kamis (26/6).


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.M,Hum serta Forpimda  (Forum Pimpinan Daerah) Kabupaten Sidoarjo, kepala SKPD Kabupaten Sidoarjo dan kepala desa maupun kelurahan se Kabupaten Sidoarjo hadir untuk memperingati HANI yang dilakukan bersamaan dengan penyerahan simbolis Hibah Dana Pembangunan Partisipatif (Block Grant) tadi pagi.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa pengguna narkoba adalah orang yang sakit yang membutuhkan bantuan untuk berhenti dari kebiasan mengkonsumsi narkoba. Untuk itu jerat hukum penjara bukan jalan terbaik bagi pengguna narkoba. Rehabilitasi sampai bupati Sidoarjo adalah solusi tepat untuk memulihkan kembali pengguna narkoba sebagai anggota masyarakat secara normal.


Untuk itu tema peringatan Hari Anti Narkoba Internasional tahun ini sampai Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah sangatlah tepat untuk konsep  rehabilitasi bagi pengguna narkoba. Yakni dengan tema Pengguna Narkoba Dapat Dicegah dan Direhabilitasi , upaya mengembalikan pengguna narkoba kepada lingkungan kehidupan yang baik dapat terwujud.


Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah mengatakan bahwa pemakai narkoba adalah korban yang harus  diobati, disembuhkan dan direhabilitasi. Sebagai korban sampainya merupakan kewajiban bersama untuk membimbing kembali para pengguna narkoba pada kehidupan bermasyarakat agar mempunyai masa depan. Untuk itu bila mengetahui ada pengguna narkoba yang ada ditempatnya, Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah meminta untuk melaporkannya kepada BNN Kabupaten Sidoarjo untuk dilakukan rehabilitasi.


Mereka berhak memperoleh kehidupan yang sehat, dan mereka juga berhak untuk turut berpartisipasi dalam melaksanakan pembangunan, sampai Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah.


Sementara itu Kepala BNN Kabupaten Sidoarjo AKBP Supriyanto mengatakan berbagai upaya telah dilakukan oleh instansinya dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kabupaten Sidoarjo. Sosialisasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba telah di lakukan diberbagai instansi yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Mulai dari lembaga pendidikan sampai instansi pemerintah, sosialisasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba telah dilakukannya.


Dari data yang ada di instansinya, kurang lebih 250 pengguna narkoba yang ada di Sidoarjo. Dari hasil ungkap kasus penyalagunaan narkoba, tren pengguna narkoba di Sidoarjo menunjukkan peningkatan dari tahun ketahunnya. Ia berharap melalui momentum Hari Anti Narkoba Internasional tahun ini, kewaspadaan terhadap bahaya penyalahgunaan narkotika dapat dilakukan.


Kepala BNN Kabupaten Sidoarjo AKBP Supriyanto menyampaikan penyalahgunaan narkotika sangat membahayakan bagi diri sendiri, keluarga maupun lingkungannya. Mulai remaja hingga dewasa sampai orang tua dapat terkena penyalahgunaan narkotika. Untuk itu ia mewanti-wanti kepada masyarakat luas janganlah sampai mendekati obat-obatan terlarang yang dapat merusak masa depan. (humas/git)