Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
PEMDA SIDOARJO TARGETKAN SMP 4 SEBAGAI SEKOLAH UKS JUARA TINGKAT NASIONAL
Dilihat
324
Penulis:
2014-06-13 09:58:16




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Mewakili Propinsi Jawa Timur, SMPN 4 Sidoarjo maju dalam Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional 2014. Juri LLSS akan melakukan pemantauan dan penilaian di sekolah tersebut pada rabu (12/6). SMPN 4 Sidoarjo pada LLSS Nasional tahun 2014 ini akan berkompetisi dengan sekitar 130 sekolah se Indonesia.

Tim penilai Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) dari pemerintah pusat dan propinsi Jawa Timur yang terdiri atas instansi, Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemuda dan Olahraga Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan , Dinas Pemuda dan Olahraga serta dari kantor Kementrian Agama

Ketua tim penilai lomba lingkungan sekolah sehat Syaifudin dengan didampingi Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum dan Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM serta jajaran SKPD, saat memberikan evaluasi penilaian meyampaikan pada prinsipnya sekolah mempunyai 4 tingkatan yaitu minimal, standard, optimal dan paripurna.

Setelah melakukan beberapa penilaian tim juri akan mengumpulkan hasil dari selama melakukan penilaian dan dibawa ke pemerintah pusat, hasilnya akan diumumkan setelah penilaian semua di tingkat nasional sudah selesai dilakukan jelas Syaifudin.

Sementra itu, Kepala SMPN 4 Sidoarjo Drs. Muflich, H.M.Pd menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung, terutama para siswa yang tertib dan bersemangat dalam mewujudkan sekolah yang bersih dan sehat bersama – sama dengan para guru yang sudah bekerja keras dan bertekad untuk menjadi pemenang LLSS tingkat nasioanal.

"Kami dipercaya sebagai wakil dari Propinsi Jawa Timur di tingkat nasional, setelah berhasil meraih peringkat 1 LLSS tingkat kota dan provinsi beberapa bulan lalu. Bisa mencapai prestasi itu karena sejak awal, kami menekankan perilaku hidup sehat. Dengan jumlah siswa yang cukup banyak, kesehatan di sekolah harus tetap terjaga, harapannya SMPN 4 Sidoarjo akan meraih juara umum tingkat nasional" terang Kepala SMPN 4 Sidoarjo Drs.Muflich.H.M.pd 

Ditegaskan Muflich, perilaku hidup sehat diwujudkan dengan selalu membersihkan ruang kelas, toilet, laboratorium, penyediaan ruang UKS yang luas dengan peralatan dan obat yang lengkap. Termasuk penyediaan tempat cuci tangan di sejumlah titik dan penempatan tong sampah di dalam dan sekitar lingkungan sekolah.

Untuk mendukung prilaku hidup sehat itu, SMPN 4 Sidoarjo telah mencanangkan program pemberantasan kenakalan remaja, bahaya merokok, narkoba, HIV/AIDS, kehamilan pra nikah, kecacingan, anemia dan hepatitis B. Program tersebut berlaku untuk seluruh warga sekolah. "Setiap siswa memiliki buku catatan terkait dengan program tersebut. Setiap saat kami lakukan pemeriksaan," kata Muflich.

Terpilihnya SMPN 4 Sidoarjo yang mewakili Propinsi Jawa timur, mengundang perhatian Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M. Hum. Untuk memberi motivasi dan pembinaan, H. Saiful Ilah pun melakukan peninjauan sejumlah fasilitas pendukung LSS, pada waktu beberapa bulan yang lalu menjelang waktu datangnya penilaian LSS tingkat nasional. Selain itu juga ditandatangani prasasti Sekolah Sehat dan prasasti Sekolah Adiwiyata.

"Dengan prestasi ini, diharapkan siswa selalu bisa menjaga sikap hidup sehat. Dan bertanggungjawab terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan," kata H. Saiful Ilah.

Ditambahkan Muflich, SMPN 4 Sidoarjo juga berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional pada 2014 ini. (irw/humas)