Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Sidoarjo Intensif Pantau Kesehatan Hewan Ternak
Dilihat
3032
Penulis:
2014-06-05 02:50:16




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Kesehatan hewan ternak di Sidoarjo terus dipantau oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut  sebagai upaya untuk mencegah penyakit menular pada hewan ternak.  Petugas teknis peternakan diterjunkan untuk melihat langsung kondisi kesehatan hewan ternak yang ada pada peternak.


Hal itu juga yang di lakukan oleh Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Sidoarjo Drh. Nuning Sri Pudjiastutik, MM saat memeriksa kesehatan hewan ternak peliharaan yang berada di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Kamis (5/6). Ia mengatakan di tiap-tiap kecamatan terdapat petugas teknis peternakan dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Sidoarjo. Mereka bertugas untuk memeriksa kesehatan hewan ternak yang ada di wilayahnya masing-masing.


Dalam menjalankan tugasnya, petugas teknis peternakan tersebut sampai Drh. Nuning Sri Pudjiastutik dibekali dengan berbagai macam obat untuk hewan. Antibiotik maupun vitamin akan diberikan oleh petugas bila menemui hewan ternak yang sakit. Dengan begitu sampainya, penyakit yang menjangkiti hewan ternak dapat dicegah sebelum menularkan ke hewan lainnya.


Drh. Nuning mengatakan penyakit kulit, mata dan cacingan adalah penyakit yang sering dijumpai pada hewan ternak. Banyak faktor yang menyebabkan hewan ternak tersebut menderita penyakit. Seperti tempat yang kurang bersih maupun dari makanan yang diberikan.


Selain itu, upaya pencegahan penularan penyakit pada hewan ternak sampai Drh. Nuning, sosialisasi penyakit ternak rutin di lakukan kepada peternak yang ada di Sidoarjo. Seperti yang dilakukan kepada peternak Desa Sepande-Candi. Sosialisasi tentang penyakit ternak pada kambing tersebut diberikan agar peternak mengetahui apa saja jenis penyakit pada kambing dan bagaimana pencegahannya. Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya didapuk sebagai nara sumber dalam sosialisasi yang dilakukan di Balai Desa Sepande, tadi siang, Kamis (5/6). (humas/git)