Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Sosialisasi Penyuluhan Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2014, Dan Informasi Biaya Mengurus Akte Lahir Gratis
Dilihat
624
Penulis:
2014-06-04 03:15:59




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Sosialisasi penyuluhan bidang kependudukan dan pencatatan sipil adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain (Undang-undang 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan), serta memberikan informasi kepada masyarakat terkait tidak ada biaya (gratis) dalam mengurus akte kelahiran.


Rabu, 03/06, bertempat di kecamatan Taman- Sidoarjo, dispendukcapil kabupaten Sidoarjo melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang ada di kecamatan Taman, masyarakat yang di undang antara lain tokoh masyarakat yang ada di desa, perwakilan dari RT, RW, para bidan puskesmas, perwakilan ibu PKK yang ada di desa, serta perwakilan Muslimat dan Fatayat.


Agar penyuluhan dan sosialisasi ini berjalan efektif maka Drs. Medi Yulianto, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dispendukcapil mengambil kebijakan untuk memasang baliho, spanduk, dan banner di titik-titik strategis diataranya di kelurahan, kecamatan, pertigaan dan perempatan jalan protokol. Ini dimaksudkan agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi yang disampaikan.


Selain itu, juga melakukan penyuluhan secara berkala di kecamatan - kecamatan dengan mengundang masyarakat dari berbagai unsur, seperti perwakilan dari ibu PKK, para bidan puskesmas, Muslimat, Fatayat, tokoh masyarakat, RT dan RW serta perangkat desa setempat.


" Kita (Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo) melakukan banyak upaya agar seluruh penduduk yang tinggal di wilayah Sidoarjo tercatat secara administrasi di disependukcapil, termasuk diantaranya memiliki akte kelahira, untuk itu dispenduk capil terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat di setiap kecamatan yang ada di Sidoarjo", terang Medy Yulianto.


Lanjut Medy, " selain melakukan penyuluhan bidang kependudukan dan pencatatan sipil, kita juga terus memberikan informasi kepada masyarakat bahwa dalam mengurus akte kelahiran sejak mulai tanggal 1 mei 2013 tidak ada pungutan biaya atau gratis, selain gratis sekarang sudah tidak lagi melalui pengadilan dalam mengurus akte bayi yang baru lahir, meski sudah terlambat 40 hari, masyarakat bisa langsung mengurus sendiri dengan melengkapi administrasi dan datang langsung ke kantor dispendukcapil kabupaten Sidoarjo", ucapanya.


Kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh dispendukcapil ini disambut positif oleh Camat  Taman Drs. Achmad Misbahul Munir, M.Si, disamping menambah informasi kepada masyarakat Taman, juga menambah kepedulian kepada warganya mengenai pentingnya segera mengurus akte kelahiran.


" Kegiatan penyuluhan bidang kependudukan dan pencatatan sipil ini sangat bagus sekali, karena banyak informasi yang dibutuhkan masyarakat, namun akan menjadi lebih baik apabila dispendukcapil lebih agresif lagi, baik dalam memberikan informasi maupun dalam melakukan koodinasi langsung dengan kecamatan untuk dilakukan pendataan secara langsung kepada masyarakat yang belum memiliki akte kelahiran", terang Misbahul.


Pengaturan  tentang  Administrasi  Kependudukan  hanya  dapat  terlaksana apabila  didukung  oleh  pelayanan  yang  profesional  dan  peningkatan  kesadaran penduduk. Untuk meningkatkan kesadaran penduduk khususnya penduduk kabupaten Sidoarjo, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Sidoarjo melaksanakan sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan.


Penyuluhan bidang Kependudukan yang dalam hal ini merupakan kegiatan yang telah ditetapkan untuk tahun 2014 dan penganggarannya masuk pada APBD-Perubahan Tahun 2014 bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait persyaratan pelayanan administrasi kependudukan yang berada di Dispendukcapil kabupaten Sidoarjo yang diantaranya :


Penerbitan Biodata; Penerbitan Kartu Keluarga; Penerbitan Kartu Tanda Penduduk; Perubahan Kartu Keluarga; Penerbitan Surat Keterangan Pindah; Permohonan Akta Kelahiran; Permohonan Akta Kematian; Permohonan Akta Kematian; Permohonan Akta Perceraian; Penerbitan Akta Pengakuan Anak; Permohonan Pencatatan Pengangkatan Anak; Permohonan Pencatatan Pengesahan Anak; Permohonan Pencatatan Perubahan Nama; Permohonan Pencatatan Perubahan Status Kewarganegaraan WNA menjadi WNI; Permohonan Pencatatan Peristiwa Penting Lainnya; Permohonan Pembetulan Akta Pencatatan Sipil; Permohonan Pembatalan Akta Pencatatan Sipil. (irw/humas).