Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Anggota TP-PKK Dilatih Kelola Perpustakaan
Dilihat
279
Penulis:
2014-06-03 05:05:34




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.-  Anggota TP-PKK desa/kelurahan pengelola perpustakaan desa/kelurahan dilatih mengelola perpustakaan oleh TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Pelatihan perpustakaan bagi  pembina dan pengelola perpustakaan desa/kelurahan TP-PKK Kabupaten Sidoarjo di selenggarakan di Pendopo Delta Nugraha Sidoarjo, Selasa (3/6).


Dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Anik Saiful Ilah, kegiatan pelatihan perpustakaan juga dihadiri oleh Wakil Ketua I dan II TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Anik Hadi Sutjipto dan Hj. Nun Vino Rudy Muntiawan. Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo Drs. Sutjipto MM juga hadir dalam pelatihan perpustakaan yang menghadirkan nara sumber dari instansinya tersebut.


Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Anik Saiful Ilah mengatakan bahwa dewasa ini, peran perpustakaan tidak dapat dipandang sebelah mata dalam mencerdaskan masyarakat. Perpustakaan sampainya, adalah jantung pendidikan dan sumber informasi. Selain itu perpustakaan bisa dikatakan sebagai sarana pembelajaran masyarakat sepanjang hayat.


Untuk itu melalui gerakan PKK, istri dari Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.M,Hum tersebut  ingin ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui gerakan PKK, ia berharap gerakan gemar membaca di masyarakat dapat meningkat. Lewat perpustakaan desa/kelurahan yang dikelola oleh PKK, kebiasaan membaca sejak usia dini diharapkannya menjadi satu kebutuhan pokok yang akan membawa  masyarakat ketingkat intelektualitas yang lebih baik. Ia berharap perpustakaan yang dikelola PKK akan dapat menjadi sarana yang diminati masyarakat luas sebagai pusat informasi dan pembelajaran bagi masyarakat luas.


Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Anik Saiful Ilah berharap melalui pelatihan pengelolaan perpustakaan, akan mampu menjadikan perpustakaan yang dikelola oleh PKK yang ada di desa maupun kelurahan berjalan seiring dengan perpustakaan desa/kelurahan yang ada. Ia mengatakan kegiatan yang dilakukannya adalah upaya yang positif bagi pengelola perpustakaan untuk menjalin komunikasi, konsolidasi serta singkronisasi dalam menjalankan pengelolaan perpustakaan yang lebih baik. Pasalnya pengelola perpustakaan yang berkemampuan dan kreatif mutlak diperlukan  untuk mendukung gerakan masyarakat gemar membaca.


Hal ini penting sebagai upaya peningkatan minat baca masyarakat dan sekaligus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dengan pemanfaatan sarana perpustakaan melalui kegiatan PKK, sampainya.


Untuk itu Hj. Anik Saiful Ilah berharap ilmu yang diperoleh melalui pelatihan pengelolaan perpustakaan kali ini, bisa diterapkan oleh anggota PKK di perpustakaan  TP-PKK desa/kelurahan yang dikelolanya. Ia juga berharap ilmu yang didapat dari pelatihan pengelolaan perpustakaan kali ini dapat ditularkan kepada pembina maupun pengelola perpustakaan TP-PKK desa/kelurahan yang lainnya. Hal tersebut diharapkannya agar acuan dan pedoman dalam pengelolaan perpustakaan benar-benar bisa diterapkan keseluruh perpustakaan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.


Saya berharap semua perpustakaan yang dikelola oleh PKK yangada di Kabupaten Sidoarjo  dapat berkembang bersama. Untuk itu kita perlu menyatukan langkah agar upaya yang kita lakukan bersama berguna bagi masyarakat luas, harapannya.


Sementara itu Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo Drs. Sutjipto menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan semacam ini sampainya, dapat meningkatkan perkembangan perpustakaan di Kabupaten Sidoarjo.


Ia mengatakan saat ini ada 61 desa/kelurahan yang sudah mempunyai perpustakaan. Hal tersebut tidak lebih besar dari jumlah desa/kelurahan yang sudah mempunyai perpustakaan. Ada 292 desa/kelurahan dari 353 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Sidoarjo yang belum mempunyai perpustakaan.


Untuk itu program-program untuk meningkatkan jumlah perpusatakaan terus dilakukan. Seperti program perpustakaan desa/kelurahan percontohan yang rutin dilakukannya. Hal tersebut tidak lain dilakukan untuk menambah berdirinya perpustakaan desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.


Drs. Sutjipto yang juga menjadi nara sumber dalam kegiatan tersebut mengatakan berbagai kegiatan telah dilakukan untuk meningkatkan perkembangan perpustakaan di Kabupaten Sidoarjo. Seperti bimbingan teknis perpustakaan yang juga rutin dilakukan kepada pengelola perpustakaan desa/kelurahan maupun PKK desa. Bantuan buku maupun rak juga diberikan demi perkembangan perpustakaan desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. (humas/git)