Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Buka Festival Pendidikan Agama Islam
Dilihat
370
Penulis:
2014-05-28 01:08:48




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Festival Pendidikan Agama Islam tingkat SD se-Kabupaten Sidoarjo Tahun 2014 digelar Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Kabupaten Sidoarjo. 306 peserta siswa-siswi SD negeri maupun swasta se-Kabupaten Sidoarjo akan meramaian festival yang dibuka Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.M,Hum di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Rabu, (28/5).


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik terselenggaranya kegiatan perlombaan bagi anak didik Sekolah Dasar se-Kabupaten Sidoarjo tersebut. Melalui Festival tersebut, ia berharap akan muncul juara dan bibit-bibit baru yang berpotensi dalam mengasah kreatifitas di bidang pendidikan Agama Islam.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa Festival Pendidikan Agama Islam yang melombakan kreatifitas pendidikan Agama Islam sangatlah positif. Lomba kreativitas siswa seperti ini sampainya dapat sebagai wadah penyaluran bakat dan diharapkan dapat memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.


Wadah penyaluran bakat yang demikian sangatlah diperlukan, agar kreativitas siswa tidak menjurus pada hal-hal yang negatif, seperti Narkoba, seks bebas dan kenakalan remaja lainnya, sampainya.


Dihadapan siswa siswi peserta lomba serta pejabat Pemkab Sidoarjo yang hadir, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berpesan untuk meningkatkan kewaspadaan dan membentengi diri dari lingkungan pergaulan yang tidak sehat. Ia mengatakan bahwa sebaik-baik benteng diri adalah Iman dan Taqwa.


Oleh karena itu sampainya, pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) perlu diiringi dengan Peningkatan Iman dan Taqwa (IMTAQ). Pasalnya pengembangan IPTEK dan IMTAQ tersebut yang diharapkan dapat mengembangkan anak didik untuk menjadi insan kamil. Yakni insan paripurna, yang tidak semata-mata mengandalkan intelektual saja, namun juga keunggulan spiritual.


Pengembangan dunia pendidikan kita perlu diarahkan secara strategis ke arah ini, sampainya.


Dengan dilaksanakannya Festival Pendidikan Agama Islam Tahun 2014 tersebut, Bupati Sidoarjo berharap hasilnya dapat berpengaruh positif terhadap kegiatan pendidikan di Kabupaten Sidoarjo. Sehingga nantinya sampai H. Saiful Ilah proses pendidikan yang dilaksanakan akan semakin meningkat kualitasnya.


Sementara itu ketua KKG-PAI Kabupaten Sidoarjo Drs. H. Miftah M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan tersebut selenggarakan untuk mencari bibit-bibit unggul yang akan mewakili Kabupaten Sidoarjo dalam pentas seni tingkat Provinsi Jawa Timur. Selain itu melalui festival tersebut diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan semangat belajar peserta didik sekolah dasar dalam memahami, mengamalkan dan membiasakan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupannya sehari-hari. Sehingga sambung H.Miftah pada diri mereka akan terbentuk religius culture yang diharapkan anak-anak didik memiliki karakter beragama yang kuat dan kokoh untuk bekal kehidupan mereka di masa yang akan dating.


Dalam kesempatan tersebut H. Miftah mengatakan ada tujuh lomba yang diperlombakan dalam festival untuk yang kelima kalinya di selanggarakan oleh lembaganya. Diantaranya lomba Cerdas Cermat Pendidikan Agama Islam, Pemilihan Da’I Kecil, Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Tartilul Qur’an, Musabaqoh Hifdzil Qur’an, Lomba kaligrafi serta Lomba Adzan.


Sedangkan pemenang dalam festival tahun ini sambung H. Miftah, berhak mendapatkan tropy serta piagam penghargaan dan uang pembinaan. Bagi yang meraih juara umum berhak menerima piala bergilir dari bupati Sidoarjo. (humas/git)