Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
GOW Kabupaten Sidoarjo Latih Anggotanya Berwirausaha
Dilihat
533
Penulis:
2014-05-21 03:52:18




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kabupaten Sidoarjo latih 29 organisasi wanita yang ada di Kabupaten Sidoarjo untuk berwirausaha, Rabu (21/5). Sekitar 200 perempuan diberi pelatihan pembuatan tahu sehat tanpa limbah di Pendopo Delta Nugraha Sidoarjo. Ketua GOW Kabupaten Sidoarjo Hj. Nanik Hadi Sutjipto membuka pelatihan yang disampaikan oleh IME Training Center  Malang tersebut.


Sebelum pelatihan dilakukan, motivasi diberikan kepada ibu-ibu dari organisasi wanita di Sidoarjo yang hadir. Seperti ibu-ibu dari TP-PKK, Dharma Wanita Persatuan, Perwosi, Perwari maupun Harpi Melati dan Tiara Kusuma serta IPPNU Kabupaten Sidoarjo yang akan mengikuti pelatihan tersebut.


Dalam sambutannya, Ketua GOW Kabupaten Sidoarjo Hj. Nanik Hadi Sutjipto mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk memberdayakan anggotanya dalam meningkatkan kesejahteraan. Dengan berwirausaha, sampai Hj. Nanik, akan dapat membantu pendapatan rumah tangga maupun pemasukan organisasinya.


Dipilihnya pelatihan pembuatan tahu Sampai Hj. Nanik karena prosesnya mudah. Pasalnya hal tersebut pernah di praktekkannya sendiri. Dari proses pembuatan tahu dari bahan baku kedelai, macam-macam produk bisa dihasilkanya. Seperti Kecap dari sari kedelai serta minuman dari air perasan tahu yang di cetak. Bahkan ampas tahu dalam pelatihan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembuatan kue donat.


Istri dari Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH.MM tersebut mengatakan bahwa tahu yang dihasilkan dalam pelatihan tersebut sangatlah berbeda dengan tahu pada umumnya. Bila umumnya tahu digoreng dulu sebelum dikonsumsi, tahu yang dibuat dalam pelatihan tersebut dapat langsung dimakan.


Dari kedelai ini tidak ada yang terbuang, dan tahu nya nanti ibu-ibu dapat rasakan tidak seperti di pasar-pasar, hampir seperti tahu tofu, tahu Jepang, enak-enak sekali, sampainya.


Dalam kesempatan tersebut Hj. Nanik berharap ilmu yang didapat anggotanya untuk dapat ditularkan ke yang lainnya. Dengan begitu sampainya akan banyak ibu-ibu yang dapat membantu perekonomian keluarganya.


Kita awali didalam titik terkecil yakni rumah tangga untuk memberdayakan diri didalam rumah tangga dalam membantu suami untuk menambah income atau tambahan bagi keluarga, sampainya.


Ketua GOW Kabupaten Sidoarjo Hj. Nanik Hadi Sutjipto menyampaikan bahwa selain kegiatan kali ini, berbagai program akan dilakukan oleh lembaganya. Seperti kegiatan sosialisasi narkoba maupun antisipasi dunia maya bagi perkembangan anak-anak. Ia mengatakan bahaya narkoba yang luar biasa serta dampak positif dan negatif pemakaian internet menjadi alasan para  pengurus GOW Sidoarjo untuk mengangkat tema tersebut.


Nanti akan ada kegiatan di bulan Juni sebelum puasa, mudah-mudahan bisa terlaksana, ada kegiatan antisipasi masalah narkoba dan dunia maya bagi anak, sampainya. (humas/git)