Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Peringati Hardiknas dan Harkitnas ke 106
Dilihat
445
Penulis:
2014-05-20 02:07:45




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 106 tahun 2014 dilakukan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo di Alun-alun Sidoarjo, Selasa (20/5). Semua unsur mulai dari TNI, POLRI, PNS serta mahasiswa dan pelajar SMA mengikutinya.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.M,Hum sebagai inspektur upacara memimpin jalannya upacara bendera yang dilakukan dengan khidmad tersebut. Hadir Forpimda Sidoarjo seperti Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki SIK.M,Si serta Kasdim 0816 Sidoarjo Mayor inf Heri Hutomo dan pejabat SKPD se-Kabupaten Sidoarjo.


Diawal sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh komponen masyarakat yang memiliki kepedulian dan perhatian dalam membangun serta mengembangkan pendidikan. Atas nama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, H. Saiful Ilah menyampaikan selamat Hari Pendidikan dan Hari Kebangkitan Nasional. Melalui peringatan dua hari nasional tersebut Bupati Sidoarjo berharap semoga dunia pendidikan semakin berkualitas yang diiringi timbulnya rasa kebangkitan jiwa dan raga untuk membangun bangsa dan negara.


Dalam kesempatan tersebut,Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyampaikan bahwa dalam menjalankan pembangunan di bidang pendidkan, kita harus mengetahui tentang hakikat pendidikan.  Hal tersebut telah di tekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara yang diperingati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional. 


Menurut Ki Hajar Dewantara sampai Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran dan jasmani anak didik kita. Oleh karena itu peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini mengambil tema Pendidikan Untuk Peradaban Indonesia Yang Unggul . Dengan tema tersebut lanjut bupati Sidoarjo mengingatkan semua bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan – persoalan yang bersifat teknis dan kekinian semata. Melainkan lebih dari itu sambung H. Saiful Ilah pendidikan pada hakekatnya adalah upaya membentuk manusia untuk membangun peradaban yang unggul.


Dalam kesempatan tersebut  ia mengajak para guru dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama menyukseskan implementasi kurikulum 2013. Melalui kurikulum 2013 tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap anak-anak didik akan memiliki kompetensi secara utuh dalam menerapkan sikap, dan prilaku serta pengetahuan dan ketrampilan.


Insyaallah, melalui kurikulum tahun 2013 ini, anak-anak kita akan memiliki kompetensi secara utuh dalam menerapkan sikap, dan prilaku serta pengetahuan dan ketrampilan, sampainya.


Dengan tema Maknai Kebangkitan Nasional Melalui Kerja Nyata Dalam Suasana Keharmonisan Dan Kemajemukan Bangsa di Hari Kebangkitan Nasional ke-106 kali ini, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyampaikan bahwa tema tersebut mengandung tiga makna yang sekaligus menjadi instrumen ukuran dalam menciptakan nilai-nilai nasionalisme. Makna nasionalisme tersebut sampai bupati Sidoarjo harus terwujud ke dalam pola pikir, pola sikap dan perilaku kebangsaan yang selaras dengan tuntutan zaman.


Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2014 ini mari kita jadikan semangat untuk berani melakukan evaluasi diri serta penguatan komponen dan potensi bangsa dalam membangun bangsa Indonesia kedepan yang lebih baik, pintanya.


Diakhir upacara bendera, penyerahan piala kejuaraan bola voli pelajar SMA sederajat se-Jawa Timur diserahkan bupati Sidoarjo. Selain itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga menyerahkan piala bergilir Gubernur Jawa Timur kejuaraan bola voli antar pelajar SMA sederajat putra dalam rangka Hardiknas tahun ini. Dalam kesempatan tersebut diserahkan juga piala penghargaan Festival Paduan Suara Rektor Cup VIII Universitas Jember tahun ini. Festival yang diselenggarakan belum lama ini diraih oleh SMPN 2 Sidoarjo sebagai juara pertama dengan menyandang predikat emas.


Penyerahan piala lomba perpustakaan sekolah tingkat SLTA se Kabupaten Sidoarjo serta piala lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat kabupaten mewarnai peringatan Hardiknas dan Harkitnas ke 106 tahun ini. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah memberikannya langsung kepada pemenang lomba perpustakaan yang diselenggarakan oleh kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo tersebut. Juara  pertama lomba perpustakaan sekolah diraih oleh perpustakaan SMKN 2 Buduran dan juara pertama lomba perpustakaan desa/kelurahan diraih oleh perpustakaan Desa Wage Kecamatan Taman. (humas/git)