Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Wakil Bupati Sidoarjo Buka Sosialisasi Raskin APBD Tahun 2014
Dilihat
238
Penulis: Super Admin
2014-05-12 03:12:35




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH.MM meminta kepada Kepala Desa (Kades) maupun Kepala Kelurahan (Kakel) se-Kabupaten Sidoarjo untuk segera menyetorkan uang Raskin (Beras untuk Rumah Tangga Miskin) yang telah terkumpul kepada pemerintah daerah. Ia berharap Kades maupun Kakel tidak menunggak setoran uang Raskin yang diperolah dari Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima bantuan Raskin APBD maupun APBN.


Hal tersebut ia sampaikan saat membuka Sosialisasi Raskin APBD Tahun 2014 di Gedung Delta Graha Setda Kabupaten Sidoarjo, Senin (12/5). Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto bersyukur masalah hukum yang menyangkut Raskin tidak terjadi kepada kades maupun kakel di Sidoarjo. Hanya saja, permasalahan penunggakan penyetoran uang Raskin oleh kades/kakel kadang dijumpai. Ia berharap, hal tersebut tidak terjadi di lain hari. Pasalnya penunggakkan penyetoran uang Raskin akan menghambat pendistribusian Raskin APBD maupun APBD.


Untuk itu, agar penyaluran Raskin berikutnya berjalan lancar, tertib dan tepat waktu, wakil bupati Sidoarjo berharap kepada kades/kakel segera menyelesaikan administrasi Raskin yang dibebankannya. Tolong, ini hak masyarakat miskin, agar berikutnya tidak tertunda penyalurannya, tolong uang dari RTS yang telah terkumpul untuk segera disetorkan agar beras berikutnya segera turun, pintanya.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto menyampaikan bahwa sosialisasi program Raskin merupakan kegiatan penunjang program untuk memberikan informasi yang lengkap sekaligus pemahaman yang sama kepada seluruh pemangku kepentingan atau steakaholder, terutama kepada pelaksana program Raskin maupun masyarakat umum. Melalui Sosialisasi seperti ini sampainya, diharapkan pelaksanaan program Raskin dilapangan sejak awal hingga akhir dapat berjalan lancar, tertib dan tepat waktu serta tepat sasaran sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.


Program  Raskin sampai wakil bupati Sidoarjo merupakan program subsidi pangan kepada keluarga miskin melalui pendistribusian beras. Hal tersebut sampai H. MG Hadi Sutjipto sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dalam memberikan perlindungan kepada keluarga kurang mampu yang ada.


Program ini diharapkan mampu menjangkau keluarga kurang mampu sehingga dapat mengurangi beban pokok dalam kehidupannya, sampai Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto.


Efektifitas program Raskin tersebut lanjutnya  hanya dapat dicapai melalui koordinasi, singkronisasi, dan harmonisasi antar dinas, instansi dan lembaga terkait.  Baik di tingkat kabupaten, kecamatan, desa maupun kelurahan. Dan koordinasi tersebut sampai wakil bupati Sidoarjo dapat dilaksanakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian yang dilandasi dengan nilai dan pemahaman bahwa Raskin adalah hak-hak fakir miskin.


Untuk itu Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto meminta kepada tim pelaksana Raskin APBD Kabupaten Sidoarjo tahun 2014 yang telah dibentuk untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Tanggung jawab dalam pelaksanaan program sangat dibutuhkan. Selain itu, peningkatan peran dan kinerja  agar pelaksanaan program Raskin dapat berjalan efektif, efisien, dan transparan sangat diharapkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto.


Dalam Sosialisasi Raskin APBD Tahun 2014 tersebut diikuti oleh SKPD se Kabupaten Sidoarjo, Camat serta  Kasi Kessos Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Sidoarjo dan kades/kakel se Kabupaten Sidoarjo. Lima nara sumber dihadirkan. Diantaranya dari Badan Perencanan Pembangunan Kabupaten Sidoarjo, Polres Sidoarjo, Kejaksaan Negeri Sidoarjo serta Bagian Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Setdakab Sidoarjo, dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Sidoarjo. Materi kebijakan umum dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo serta materi tentang Pencegahan Terhadap Penyimpangan Program Raskin serta Petunjuk Teknis Pelaksanaan Raskin APBD adalah salah satu materi yang akan disampaikan kepada 450 peserta yang hadir dalam Sosialisasi Raskin APBD Tahun 2014 tersebut. (humas/git)