Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Dishub Periksa Uji Kelayakan Tiga Bis Yang Berangkat Study Tour.
Dilihat
383
Penulis: Super Admin
2014-05-12 07:29:39




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo – Sebanyak 105 siswa SMP 3 Sidoarjo berangkat ke Telaga Sarangan – Magetan untuk melakukan study tour dalam rangka mengasah kemampuan berbahasa inggris mereka, dengan didampingi 15 guru ke 105 siswa yang semuanya sudah kelas IX berangkat dengan menggunakan 3 bis. Disana mereka melakukan praktek komunikasi langsung dengan menggunakan bahasa inggris bersama dengan warga Temboro-Magetan, sehari-hari warga Temboro – Magetan dalam percakapan menggunakan bahasa inggris, oleh sebab itu Kepala Sekolah SMP 3 Sidoarjo Drs. Hartoyo, M.Pdi menjadikan Temboro –Magetan sebagai tujuan untuk mengasah kemampuan anak didiknya dengan praktek langsung komunikasi dengan warga Temboro kampung Madinah atau yang sudah dikenal dengan sebutan kampung inggris.


Sabtu, 10/05 pukul. 07.00 wib rombongan siswa sudah bersiap mau berangkat, agar proses belajar dan selama didalam perjalan mereka bisa tenang, termasuk para orang tua siswa, semua bis yang digunakan mengangkut rombongan siswa dilakukan pengecekan terlebih dahulu.


Pengecekan dilakukan oleh petugas Dishub bagian pengujian kendaraan, sebanyak lima orang termasuk Kepala UPT Pengujian Andi Cipto Hadi  mendatangi SMP 3 Sidoarjo, Andi Cipto bersama timnya mengecek seluruh bis yang sudah diparkir didepan SMP 3 Sidoarjo.


Pengujian yang dilakukan Dishub meliputi, kelayakan secara teknis kendaraan antara lain kelayakan ban, mesin, rem dan kelayakan teknis secara keseluruhan yang menyangkut kelayakan bis selama digunakan dalam perjalanan jauh.


Termasuk kelayakan ijin kendaraaan, selain itu seluruh sopir dan kondektur sebelum berangkat dikumpulkan terlebih dahulu untuk menerima pengarahan dari Dishub dan Kepala Sekolah SMP 3 Sidoarjo, dalam arahan yang disampaikan bagi para sopir yang membawa rombongan siswa tolong berhati-hati selama dijalan dan patuhi rambu-rambu, tidak usah ngebut, kita jaga keselamatan bersama , terang Kepala Sekolah SMP 3 Sidoarjo Drs. Hartoyo, M. Pdi.


Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh Dishub Sidoarjo, seluruh bis yang berjumlah tiga dengan kapasitas penumpang sebanyak 60 penumpang tersebut, oleh petugas dishub sudah layak dan memenuhi standart uji kelayakan pakai, namun meski demikian dishub juga mengecek surat-surat kelengkapan bis, termasuk sim pengemudi.


Seluruh bis yang akan digunakan ini sudah memenuhi kelayakan uji pakai, dari mulai ban, rem, mesin hingga surat-surat kelengkapannya, termasuk surat ijin mengemudi para sopirnya, meski begitu kami berpesan kepada seluruh para sopir untuk tidak ngebut selama dalam perjalanan, kalau lelah dijalan lebih baik istirahat , terang Andi Cipto Hadi Kepala UPT Pengujian.


Lanjut Andi, pesan kami kepada seluruh sekolah yang ada di lingkungan Sidoarjo saat melakukan study tour atau kegiatan sekolah lain, agar memilih bus milik perusahaan resmi PO, bukan bus milik perorangan, hal ini dikarenakan perawatan bis milik PO lebih terjamin dari bis milik perorangan, termasuk PO rutin melakukan uji kelayakan, karena kebanyakan yang terjadi kecelakaan bis yang digunakan study toru adalah bis milik perorangan , terangnya.


Sementera itu, dengan adanya pengujian yang dilakukan oleh pihak Dishub yang bekerjasama dengan Diknas, para orang tua siswa menjadi tenang saat melepas anaknya berangkat study tour, ungkapan ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP 3 Sidoarjo Drs. Hartoyo, M. Pdi.


Hartoyo mengucapakan terimakasih kepada pemda Sidoarjo yang sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait, seperti dishub dan diknas, tindakan yang dilakukan pemerintah melalui dishub dengan melakukan pengecekan kendaraan yang akan dipergunakan siswa untuk berangkat study tour ini sungguh sangat bermanfaat, baik bagi siswa, sekolah terutama para orang tua menjadi tidak was-was lagi saat melepas anaknya belajar , tutupnya.(humas/irw).