Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
WABUP : Pemda Sidoarjo Dukung Pemberantasan Perdagangan Manusia Ke Australia.
Dilihat
484
Penulis:
2014-05-09 09:55:12




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Pemerintah kabupaten Sidoarjo mendapatkan kehormatan dengan ditunjuk sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan program sosialisasi pencegahan dan penanganan perdagagan manusia atau imigran illegal,  pemerintah propinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan pemerintah Australia menunjuk kabupaten Sidoarjo sebagai tuan karena dianggap mampu berperan dalam mencegah perdagangan manusia atau imigran illegal yang ingin masuk ke negara Australia.


Bertempat di Pendopo Delta Nugraha, kamis, 08/05, Konsulat Jenderal RI untuk Perth Australia ED Syarief Syamsuri beserta rombongan diterima langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM.


Program " Public Award Campagn (PAC) tentang Bahaya Penyelundupan Manusia ( People Smuggling ) ke Australia tahun 2014 oleh Konsulat Jenderal RI untuk Perth Australia, menjelaskan tentang dampak dan bahayanya akibat perdagangan manusia termasuk membantu para imigran illegal untuk masuk ke negara Australia, saat ini sudah cukup mengkhawatirkan dengan tingginya angka para imigran illegal yang ditangkap serta orang Indonesia sendiri yang turut membantu para imigran illegal yang masuk negara Australia", terang Syarief Syamsuri.


Lanjut Syarif, " Pemerintah Australia menerapkan sanksi yang berat kepada para imigran illegal yang tertangkap, termasuk orang yang turut membantu dalam penyelundupan perdagangan manusia, para undangan yang hadir bisa melihat langsung orang Indonesia yang tertangkap di Australia, dalam pengakuan mereka, mereka sangat menyesal membantu dalam meloloskan penyelundupan manusia ke negara Australia", terangnya.


" Kami berharap kerjasama antara konsulat jenderal RI untuk Perth Australia dengan pemerintah Propinsi Jawa Timur yang sudah menunjuk pemerintah kabupaten Sidoarjo sebagai tuan rumah satu - satunya di wilayah Jawa Timur, bersama-sama memerangi perdagangan manusia ini, karena itu dengan ditunjukkan Sidoarjo, pemerintah propinsi Jawa Timur memberikan percaya bahwa pemerintah Sidoarjo mampu dalam menekan perdagangan manusia ke negara Australia", ujarnya Syarief.


Sementara itu Wakil Bupati Sidoarjo, H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM mendukung penuh program " Public Award Campagn (PAC) tentang Bahaya Penyelundupan Manusia ( People Smuggling ) ke Australia tahun 2014 yang digagas oleh konsulat jenderal RI untuk Perth Australia yang bekerjasama dengan pemerintah propinsi Jawa Timur.


" Pemerintah kabupaten Sidoarjo akan siap bekerjasama dalam membantu memerangi perdagangan manusia, karena ini sudah menjadi kewajiban bersama, mengingat bahaya dan dampaknya bagi negara Indonesia di mata dunia Internasional", terang H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM.


Turut hadir dalam kegiatan ini, jajaran Forpimda, SKPD dinas terkait serta undangan dari perwakilan daerah lain, termasuk persatuan nelayan Sidoarjo. (humas/irw).