Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
BPMPKB Sinergi Dengan P3M Dalam Program Penanggulangan Kemiskinan
Dilihat
450
Penulis:
2014-05-08 09:05:28





HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Ada hal  menarik di Bagian Kehumasan Kabupaten Sidoarjo yang bisa dijadikan wadah bagi masyarakat Sidoarjo yang ingin menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah kabupaten. Humas  Sidoarjo  memiliki satu bagian khusus sebagai Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M).

Produk P3M disiapkan selama 24 jam. Masyarakat  diberi ruang  untuk menyampaikan pengaduan lewat website yang disiapkan Pemerintah Sidoarjo. Selain melalui  website, masyarakat  juga diberi  ruang menyampaikan pengaduan  melalui faksimile atau langsung datang  ke Sekretariat  P3M.

Untuk merespons balik  pengaduan masyarakat, P3M menyiapkan papan informasi yang bisa dibaca masyarakat umum  atau pengadu. Respon balik juga disampaikan  ke pengadu jika mencantumkan nomor, telepon atau email.

Pengaduan-pengaduan dari masyarakat melalui P3M kemudian dipisahkna sesuai  jenis pengaduannya. P3M kemudian meneruskan pengaduan masyarakat  ke setiap SKPD terkait.  Pemerintah Sidoarjo memberikan batasan waktu kepada  setiap SKPD untuk memberi jawaban pengaduan masyarakat  maksimal tiga hari setelah menerima informasi pengaduan.

Pembentukan P3M sangat disadari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Pemda setempat sangat sadar bahwa pelayanan prima pemerintah kepada masyarakat dianggap berhasil apabila senantiasa mau mendengar keluhan atau pengaduan dari masyarakat. Keberadaan P3M akan menjadi mediator sekaligus fasilitator atas berbagai permasalahan yang  timbul di masyarakat atas pelayanan publik  pemerintah.

" Dengan adanya P3M diharapkan tidak terjadi lagi kebuntuan informasi dan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Semua aspirasi dan keinginan masyarakat bisa tertampung di P3M. Tak heran masyarakat berminat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan. Sementara itu di pihak pemerintah akan tercipta transparansi sesuai harapan masyarakat", terang Kasubbag P3M Muhammad Rofik, S.Ip, MM.

Penjelasan tersebut disampaikan kepada perangkat desa dan tokoh masyarakat kecamatan Sukodono bersama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), kegiatan yang bertajuk " Sinkronisasi Permasalahan Kemiskinan Melalui Unit Pengaduan Masyarakat (UPM) Program Penanggulangan Kemiskinan", bertempat di kecamatan Sukodono, selasa, 06/05.

Tujuan dari sinergi ini adalah untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat kabupaten Sidoarjo dalam bentuk pelayanan, baik bersifat pengaduan maupun pelayanan informasi yang bersifat kepentingan umum, hal ini sangat penting untuk percepatan informasi, baik informasi dari masyarakat yang ditujukan ke pemerintah daerah maupun informasi dari pemerintah daerah yang ditujukan kepada masyarakat.

Untuk itu, Kasubbag P3M Muhammad Rofik, S. Ip, MM berharap kepada masyarakat kabupaten Sidoarjo, agar aktif dalam memberikan informasi - informasi terkait persoalan yang ada di desa, "seperti persoalan jalan rusak atau pelayanan umum yang memerlukan perbaikan, sehingga terjalin komunikasi yang kuat antara pemerintah daerah dengan masyarakat secara langsung, karena salah satu tanggung jawab pemerintah daerah adalah memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat", tutupnya. (humas/irw).