Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
LIMA PROGRAM PRIORITAS DALAM MUSRENBANG 2015
Dilihat
263
Penulis:
2014-03-28 07:09:10


Dalam kesempatan ini, H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM mengingatkan para SKPD dan pejabat setingkat desa hingga camat untuk tidak menjadikan Musrenbang ini hanya sekadar seremoni dan rutinitas semata. Wakil Bupati ingin dari acara ini dapat menghasilkan keputusan yang bisa jadi terobosan pembangunan Sidoarjo.


"Jangan sampai menjadikan Musrenbang sebagai sebuah seremoni dan rutinitas yang tidak ada gigitan serta tidak ada terobosan. Harus ada gigitan dan terobosan," ucap H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM dalam sambutannya, di Hotel Sunsity, Jalan Pahlawan Sidoarjo. 


Wakil Bupati juga meminta bantuan dari pemerintah pusat tentang beberapa proyek pembangunan Sidoarjo yang bekerja sama dengan pemerintah pusat. Ia ingin adanya sinergitas antar pembangunan. Sedangkan pembangunan yang dikatan berhasil adalah bukan dari ukuran besar atau kecilnya anggaran yang dikeluarkan, namun yang menjadi ukuran adalah efektifitas program tersebut", terang H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM.


" Ada lima hal penting yang menjadi perioritas dalam musrenbang 2015 ini, pertama adalah peningkatan peran serta masyarakat dalam berpolitik, kedua penegakan supremasi hukum, ketiga peningkatan investasi dan ekonomi lokal, sedangkan yang keempat peningkatan daya saing sumber daya manusia dan tata kelola pemerintah yang baik, dan yang terakhir adalah efektifitas penanganan bencana", ucap Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM.


Kelima prioritas ini menjadi kerangka awal perencanaan pembangunan tahun 2015, berdasarkan pertimbangan ihwal kekinian di seluruh wilayah di Kabupaten Sidoarjo, papar Wakil Bupati.


Musrenbang tingkat kabupaten yang digelar merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembangunan daerah yang dimulai sejak musrenbang desa/kelurahan, musrenbang kecamatan, forum SKPD yang dilanjutkan dengan forum konsultasi publik dan pra musrenbang Kabupaten Sidoarjo.


Hal ini merupakan komitmen kita untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan karena musrenbang sesungguhnya merupakan proses demokratisasi yang memberi ruang bagi semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah, ujar Wakil Bupati.


Setelah  menyampaikan pesan, Wakil Bupati H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM  mengetuk palu di podium sebanyak 3 kali pertanda Musrenbang 2015 dibuka.


Ir. Sulaksono mengatakan, Musrenbang RKPD tahun 2015 berdasarkan rancangan pembangunan daerah, dan usulan anggaran perioritas RKPD. Sejak tahun 2013 kegiatan Musrenbang sudah menggunakan sistem aplikasi online, masyarakat bisa melihat langsung hasil dari Musrenbang melalui sistem online", terang Ir. Sulaksono.



Musrenbang RKPD 2015 mengusung tema "Melalui RKP Kabupaten Sidoarjo tahun 2015 Kita Wujudkan Iklim Demokrasi yang Sehat dan Kondusif Guna Menunjang Peningkatakan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan Daerah". Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bakorwil Pamekasan Ir. Eddy Santoso, MM , Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Dawud Budi Sutrisno, SH, M. Hum, Sekda Kabupaten Sidoarjo Vino Rudi Muntiawan, SH, Kepala Bappeda Ir. Sulaksono, jajaran Forpimda dan SKPD se Kabupaten Sidoarjo. (humas/irw).