Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
6100 Pohon Di Tanam Di Jalan Raya Jabon
Dilihat
487
Penulis:
2013-01-11 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Sebanyak 6100 pohon berbagai jenis ditanam oleh bupati Sidoarjo dan wakil bupati Sidoarjo serta para pejabat Kabupaten Sidoarjo bersama dengan siswa-siswi SMP/MTs, SMA/MA serta SMK negeri maupun swasta se Kecamatan Jabon di Jalan Raya Jabon, Jumat (11/1). Kegiatan penanaman untuk mensukseskan gerakan penanaman 1 milyar pohon yang telah dicanangkan oleh presiden Republik Indonesia tersebut diperoleh dari hasil sumbangan dari berbagai instansi di Sidoarjo yang ada.

Diantaranya dari instansi sekolah yang ada di Kecamatan Jabon, perusahaan maupun pengusaha serta para PNS yang ada di Kecamatan Jabon. Ada sebanyak 1000 pohon sumbangan dari instansi sekolah yang ada di Kecamatan Jabon,  2500 pohon bantuan dari Perusahaan Gas Negara (PGN) serta 600 pohon dari para PNS yang ada di Kecamatan Jabon. Sedangkan 2000 pohon lainnya yang akan ditanam bersama-sama tersebut dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dalam sambutannya menaruh apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif dan partisipasi aktif para siswa siswi SMP/MTs, SMA/MA dan SMK baik swasta maupun negeri se Kecamatan Jabon yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Ia berharap semoga kegiatan tersebut mampu menjadi motivasi bagi siswa – siswa se Kabupaten Sidoarjo dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Ia mengatakan bahwa penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Karena menurutnya penghijauan sangat bermanfaat dalam mengurangi pemanasan global (global warning) yang akan mengancam keselamatan bumi sekaligus menghijaukan kembali alam yang belakangan ini semakin hilang hijaunya.

Gerakan aksi penanaman pohon ini merupakan program jangka panjang, dan hasil  kegiatan ini baru dapat dirasakan manfaatnya di masa mendatang, ujarnya.

Oleh karena itu dalam kesempatan tersebut orang nomer satu di kota delta itu meminta untuk menjaga dan memelihara bersama tanaman yang telah ditanam sekarang ini. Sehingga nantinya lanjut H. Saiful Ilah, pohon tersebut akan tumbuh dengan baik dan kelak generasi mendatang akan dapat menikmati hasilnya.

Sementara itu Camat Jabon Hadi Mulyanto SH, MM mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan ide pertamanya dari para kepala sekolah yang ada di Kecamatan Jabon. Gagasan tersebut ternyata ucap Hadi Mulyanto di sambut baik oleh para siswa siswi sekolah yang awalnya memang ingin melakukan penghijauan.

Awalnya memang para siswa ingin menghijaukan sepanjang jalan mulai dari Kedungcangkring sampai dengan Telocor, ternyata dihimpun, terkumpul ada 1000 pohon dari para siswa, sampainya.

Dalam penanaman pohon yang juga dalam rangka hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke 154 tersebut dilakukan juga pelepasan burung oleh Bupati Sidoarjo bersama-sama dengan Wakil Bupati Sidoarjo serta Sekda Sidoarjo. (humas/git/sin)