Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
H.SAIFUL ILAH, SH. M.HUM TERPILIH SEBAGAI TOKOH DAERAH DALAM PERINGATAN HPN 2014 PWI JATIM
Dilihat
458
Penulis:
2014-03-27 11:56:59




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Dalam peringatan resepsi Hari Pers Nasional (HPN) 2014 dan HUT PWI Jatim ke 68, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum menerima penghargaan (award) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim sebagai tokoh daerah 2014. Bertempat di Hotel Sharngrila Surabaya, 19/3/2014 malam, penghargaan diberikan langsung oleh Ketua PWI Jatim Ahmad Munir dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM.
 
PWI Jatim memberikan Award kepada Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum sebagai tokoh daerah karena dianggap mampu mengatasi persoalan bencana lumpur lapindo dengan baik, dan termasuk kemajuan dan prestasi berbagai bidang yang diperoleh pemerintah kabupaten Sidoarjo, seperti bidang ekonomi, industri, UMKM dan pertanian.
 
"PWI Jatim memberikan award tokoh daerah atas dasar keberhasilannya dalam menangani persoalan-persolan yang ada didaerahnya dengan baik, serta kemajuan daerah menjadi salah satu penilaian dalam memberikan award", ujar ketua PWI Jatim Ahmad Munir.
 
Setiap perayaan HPN, PWI Jatim selalu memberikan penghargaan kepada tokoh dan institusi atau lembaga nasional serta daerah yang dinilai punya kontribusi besar pada bidang yang digelutinya, terangnya.
 
Beberapa tokoh nasional yang menerima PWI Jatim Award adalah Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Surono, dan Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang. Dari tokoh daerah setempat, terdapat Asisten Ekonomi Pembangunan Sekdaprov Jatim Hadi Prasetyo, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, SH, M. Hum dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.
 
Tahun ini, PWI Jatim juga memberikan penghargaan khusus kepada Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Irjen Pol Unggung Cahyono, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Ediwan Prabowo, Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono, Bupati Blitar Herry Nugroho, Bupati Malang Rendra Kresna, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, dan Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.
 
Penghargaan khusus (special award, red) kepada delapan tokoh tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras dan upayanya dalam penanganan dampak erupsi Gunung Kelud beberapa waktu lalu, sehingga korban jiwa bisa diminimalisasi, ujar Munir.
 
Selain para tokoh tersebut, penghargaan juga diberikan kepada pimpinan Harian Duta Masyarakat Choirul Anam sebagai tokoh media Jatim, kemudian Basofi Sudirman (mantan Gubernur Jatim) dan Log Zhelebour (promotor musik rock) sebagai tokoh sepanjang masa (lifetime achievement award).
Sementara Wakil Ketua Umum PSSI yang juga Ketua Badan Tim Nasional PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti dan mantan Kepala Humas SKK Migas Elan Biantoro dianugerahi penghargaan Newsmaker 2013″.
 
Sedangkan penerima PWI Jatim Award untuk kategori institusi atau lembaga, antara lain PT Petrokimia Gresik, PT Pertamina Hulu Energi, Wings Groups, Koperasi Warga Semen Gresik, dan Dinas Pertanian Provinsi Jatim.
 
Ketua Panitia HPN 2014 tingkat Jatim Abu Bakar Yarbo menambahkan, malam resepsi merupakan puncak dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan PWI Jatim dalam peringatan HPN dan HUT ke-68 PWI. Kegiatan tersebut adalah forum group discussion UMK 2014, uji kompetisi wartawan, ziarah makam tokoh pers, lomba karaoke wartawan, donor darah, dan bakti sosial pengobatan gratis bekerjasama dengan Pundi Amal SCTV.
 
Pada malam resepsi HPN juga akan diumumkan pemenang lomba karya jurnalistik khusus topik industri migas yang diadakan PHE WMO dan puncaknya penyerahan juara lomba karya jurnalistik Piala Prapanca yang menjadi agenda rutin PWI Jatim sejak tahun 1983, tambahnya. (humas/irw).