Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Deklarasi Pemilu Damai Menjelang Tahapan Kampanye Pemilu 2014
Dilihat
412
Penulis:
2014-03-18 02:41:06




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo - Sehari sebelum di­berlakukannya masa kampanye ter­bu­ka bagi para calon anggota legislatif dan partai politik Komisi Pemilihan Umum (KPU), secara se­rentak di seluruh negeri ini menggelar deklarasi kampanye damai Pemilu 2014. Se­da­ngkan di Kabupaten Sidoarjo kegiatan itu dilang­sung­kan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (15/3).

Dek­larasi ditandai pen­yam­paian ikrar yang dibacakan oleh penanggung jawab Pokja Kampanye Sidoarjo Nanang Harianto, yang diikuti oleh masing – masing Pimpinan Partai  Politik serta dilanjutkan dengan pe­nan­da­ta­nga­nan naskah deklarasi kampanye damai 2014 oleh ma­sing-masing  parpol dan yang akan ikut bertarung pada Pileg 2014 nanti. 

Ketua KPU Sidoarjo Bimo Aries Diyanto dalam sam­butannya mengatakan, ke­giatan kampanye terbuka akan dilakukan sejak 16 Maret hingga 5 April 2014 dan 9 April dilakukan pemungutan sua­ra untuk memilih calon ang­gota legislatif.

KPU akan terus be­ru­paya meningkatkan kua­litas pemilu yang tentu saja harus mendapat dukungan dan do­ro­ngan dari semua pihak terutama oleh pe­serta pemilu sendiri. De­ng­an adanya deklarasi ini, diharapkan akan mampu meng­gugah antusiasme mas­yarakat  datang ke TPS untuk me­milih. Sebab kualitas sebuah pesta demokrasi tidak saja ditentukan dari keberadaan dari para calegnya saja, tapi juga ditentukan dengan tingginya par­tisipasi pemilih yang mem­berikan suara saat pemilihan berlangsung.

Dek­larasi kampanye damai dan kirab pemilu tersebut hen­dak­nya di­wu­judkan oleh seluruh partai politik dan calon anggota DPD dalam ber­kampanye. Ter­wu­jud­nya pemilu yang damai dan tertib me­nun­jukkan kualitas pemilu yang se­makin baik dan pendidikan politik kepada mas­yarakat oleh partai politik dan calon anggota DPD juga dinilai berhasil, ujar Bimo.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.HUM dalam sambutannya menyatakan bahwa para parpol dan para caleg peserta Pemilu 2014 diminta untuk siap me­ng­hadapi konsekuensi dalam per­tar­ungan politik lima tahunan ter­sebut.

Dan demi terwujudnya Sidoarjo yang kondusif agar seluruh partai po­litik dan calon anggota DPD dapat bersama-sama me­wu­jud­kan kete­na­ngan di tengah mas­yarakat dalam situasi pesta de­mok­rasi 2014 ini. Secara prinsip, Pemilu berintegritas itu didistribusikan me­lalui sikap yang siap menang juga siap kalah.

  Saya juga mengajak para pe­serta pemilu untuk bisa men­so­sialisasikan pemilu ini pada mas­yarakat, sekaligus mengajak untuk memilih di TPS. Sebab dengan cara ini, ada bentuk rasa tanggung jawab peserta pemilu untuk mewujudkan pemilu ber­kua­litas dan berintegritas, sebut Saiful.

Selanjutnya, kegiatan Deklarasi Ketetapan Pemilu Damai 2014 Kabupaten Sidoarjo ditutup dengan pawai atau karnaval kendaraan partai politik yang diikuti oleh seluruh partai politik pe­ser­ta Pe­milu 2014. Dengan me­lewati rute yang sudah diten­tu­kan, yang di­mulai dari halaman pendopo Kabupaten Sidoarjo dan finish di Gelora Delta Sidoarjo.(humas/en)