Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Dapat Apresiasi Sebagai Kabupaten Tertib Pajak
Dilihat
490
Penulis:
2014-03-11 01:56:03




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pajak harus terus ditingkatkan, karena 70 persen pendapatan Negara berasal dari pajak. Jika pemasukan dari sektor pajak ini besar dan tidak ada hambatan, maka juga akan diikuti oleh lancarnya pembangunan di berbagai sektor di negeri ini. Namun, sejauh ini kesadaran atau kepatuhan masyarakat Indonesia untuk membayar pajak masih tergolong rendah, terutama dalam penyampaian SPT tahunan PPh orang pribadi.



Menyikapi fenomena ini, para pemimpin, tokoh masyarakat, akademisi, dan pengusaha harus bisa memberi contoh bagi masyarakat dalam membayar pajak dan penyampaian SPT. Terkait hal tersebut, Kantor Wilayah Dirjen Pajak  Jawa Timur II  menggelar  Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2013, di Pendopo Delta Nugroho Kabupaten Sidoarjo, selasa 11/3/2014.



Kegiatan ini diharapkan  bisa menjadi panutan sehingga dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT Tahunan, karena batas akhir penyampain SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi sampai dengan tanggal 31 Maret 2014.



Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur II, Agus Hudiyono membuka acara dengan penyampaikan bahwa  penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi ini merupakan salah satu esensi dari kepemimpinan, yaitu keteladanan. Dengan demikian diharapkan kegiatan ini bisa menjadi panutan sehingga dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT Tahunan. 



Agus Hudiyono juga menyampaikan apresiasinya atas sinergi yangg sudah terjalin dengan berbagai pihak sehingga Penyampaian SPT Tahunan Pph Orang pribadi thn 2013 bisa berjalan dengan lancar.


"Kabupaten diwilayah regional II Jawa Timur yang pertama kali menyetorkan SPT adalah kabupaten Sidoarjo, wilayah regional II sendiri meliputi kabupaten hampir di seluruh Jawa Timur, kecuali Malang kota dan Surabaya, keberhasilan pemkab Sidoarjo dalam disiplin dan tepat waktu dalam penyetoran SPT tahun 2013, maka direktorat pajak Jawa Timur regional II mendapuk Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum sebagai Bupati yang menjadi contoh bagi masyarakatnya untuk taat dalam membayar pajak", terang Agus Hudiyono.



Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi tahun pajak 2013  juga dihadiri Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum serta dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM , Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) H. Dawud Budi Sutrisno, SH, M. Hum serta para pejabat dan petinggi di lingkungan Kejaksaan, Kepolisian RI, Sekretaris Daerah, Distrik Militer Sidoarjo, Pengadilan Negeri Sidoarjo, Pengadilan Agama  dan Kementerian Agama Sidoarjo, yang turut serta melakukan penyampaian SPT Tahunan PPh bersama 2 Wajib Pajak terpilih di lingkungan non pemerintahan.



Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum mengatakan, "pendapatan yang bersumber dari pajak telah  menyokong pembangunan di Jawa Timur khususnya di wilayah kabupaten Sidoarjo, sehingga hasilnya bisa dinikmati masyarakat luas, untuk itu bagi para pejabat, mulai dari Bupati berserta jajaran pejabat pemkab Sidoarjo harus bisa dijadikan contoh oleh masyarakat akan taat pajak", terangnya.



Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo  turut serta melakukan penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 2013 dengan memasukkan laporan SPT Tahunannya ke dalam drop box. Selanjutnya Kakanwil DJP Jatim II Agus Hudiyono menyerahkan Tanda Terima SPT Tahunan kepada Bupati Sidoarjo. Penyerahan SPT Tahunan Orang Pribadi ini juga diikuti para pejabat daerah lainnya yang hadir dalam kesempatan tersebut.



Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, Sh, M. Hum juga menyampaikan apresiasinya kepada Direktorat Jenderal Pajak yang terus berupaya  meningkatkan pelayanan perpajakan kepada wajib pajak meskipun kesadaran masyarakat  masih rendah dalam menjalankan kewajiban perpajakannya. Untuk itu diharapakn Direktorat Jenderal Pajak Jatim II senantiasa melakukan sosialisasi kepada masyarakat. (humas/irw).