Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
SHU Kopwan Delta Sari Mencapai Rp 900 Juta Lebih
Dilihat
638
Penulis:
2014-03-02 02:37:17




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Kinerja Koperasi  (Kopwan) Wanita Delta Sari Kabupaten Sidoarjo di tahun 2013 membukukan SHU (Sisa Hasil Usaha) sebesar Rp 982.548.191. Memiliki anggota 483 orang, Kopwan tersebut memiliki asset sebesar Rp 1.469.878.473. Hal tersebut terungkap pada RAT (Rapat Anggota Tahunan) Kopwan Delta Sari Kabupaten Sidoarjo yang dibuka oleh Pembina Kopwan Delta Sari Ny. Anik Saiful Ilah, Kamis (25/2) di Pendopo Delta Nugraha Sidoarjo.


Dalam sambutannya Ny. Anik Saiful Ilah meminta kepada seluruh pengurus maupun pengawas serta anggota untuk tetap saling bekerjasama dan bersinergi dalam mendukung perkembangan koperasi Delta Sari. Dengan begitu sampainya, harapan untuk menjadikan koperasi Delta Sari menjadi koperasi yang memiliki kekuatan dan ketahanan dalam jangka panjang baik dalam produktifitas, efisiensi usaha maupun kelayakan usaha yang dijalankan dapat tercapai.


Kita patut bersyukur dan berbangga atas terselenggaranya Koperasi Wanita Delta Sari yang saat ini masih tetap eksis dan terus berkembang, hal tersebut tidak terlepas dari peran berbagai pihak seperti pengurus maupun pengawas serta seluruh anggotanya, sampainya.


Dalam kesempatan tersebut Ny. Anik Saiful Ilah juga meminta agar RAT tersebut dijadikan sebagai sarana konsultasi bagi anggota kepada pengurus maupun pengawas. Selain itu melalui RAT tahun buku 2013 tersebut dapat dijadikan evaluasi sejauh mana keberhasilan pelaksanaan kegiatan Koperasi Delta Sari selama tahun 2013.


Forum ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan usulan, saran dan masukan dari para anggota yang bersifat membangun demi pengembangan koperasi kita, pintanya.


Sementara itu Ketua Kopwan Delta Sari Ny. Umi Ningsih dalam kesempatan tersebut menghimbau anggotanya untuk lebih disiplin dalam memenuhi kewajibannya terhadap koperasi,  yakni melaksanakan wajib belanja. Pasalnya wajib belanja yang dikenakan anggota Kopwan  Delta Sari akan mampu mendongkrak omset Toserba koperasi yang saat ini mencapai Rp 323.756.650. Selain itu ia mengingatkan untuk menabung secara rutin tiap bulan yang dimasukkan di simpanan wajib.


Dalam kesempatan tersebut ia juga mengatakan bahwa denda 2% dari sisa pinjaman akan dikenakan kepada  anggota yang terlambat membayar angsuran wajib. Untuk itu Ny. Umi Ningsih meminta kepada anggota yang telah meminjam modal usaha untuk tepat waktu dalam membayar angsuran.


Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindag dan ESDM Sidoarjo, Feni Apridawati yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Sidoarjo trennya semakin meningkat. Di tiga tahun terakhir  ungkap Feni pertumbuhan perekonomian Kabupaten Sidoarjo melebihi angka rata-rata nasional. Diakhir tahun 2013 lalu angka pertumbuhan perekonomian Kabupaten Sidoarjo mencapai 7,13%. Angka tersebut diatas rata-rata nasional yang hanya 5,70%. Dan koperasi dan UKM ungkap Feni adalah salah satu yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.


  50% kontribusi Koperasi dan UKM terhadap pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Sidoarjo, ujarnya.


Feni Apridawati  dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa saat ini ada 1.316 koperasi yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Ada 162 koperasi  tidak sehat yang menjadi pekerjaan rumahnya untuk diaktifkan kembali. Dan di akhir tahun 2013 ungkapnya, Kabupaten Sidoarjo telah menyehatkan 17 koperasi di Sidoarjo. (humas/git)