Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Hadiri Pelantikan Kades Wonokalang Wonoayu
Dilihat
515
Penulis:
2013-01-09 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum mengatakan bahwa pejabat adalah pelayan masyarakat. Untuk itu pejabat dituntut untuk bisa melayani masyarakatnya dengan baik. Hal tersebut dikatakannya sewaktu memberikan sambutannya saat menghadiri pelantikan Kepala Desa Wonokalang Kecamatan Wonoayu Sujarwoto di Balai Desa Wonokalang, Rabu (9/1).

Ia mengatakan bahwa pejabat dahulu dengan sekarang eranya berbeda. Kalau dahulu ungkap H. Saiful Ilah, paradigma pejabat adalah seorang pemimpin yang harus dilayani, tapi tidak dengan sekarang. Di era sekarang, pejabat adalah pelayan masyarakat. Jadi seorang pejabat jangan meminta untuk dilayani tapi harus melayani.

Seperti ia mencontohkan dirinya sendiri. Dari seorang bos pemilik tambak serta perusahaan, sekarang tidak . Sejak dulu menjadi wakil bupati Sidoarjo dua periode dan sekarang terpilih menjadi bupati Sidoarjo, statusnya sekarang berbeda. Dari bos yang biasa dilayani, sekarang ucap H. Saiful Ilah adalah pelayan, melayani masyarakat Sidoarjo.

Seperti bu camat, pak camat, semua pejabat itu, pak polisi juga melayani masyarakat, mengamankan, tentara juga itu sekarang. Jadi tidak boleh sak wenake dewe (Semaunya Sendiri), habis kepilih terpilih terus bergaya, himbaunya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan bahwa seorang pejabat harus banyak meluangkan waktunya untuk masyarakat yang memilihnya. Tidak hanya diwaktu jam kerja saja, bahkan seorang pejabat dituntut untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakatnya selama 24 jam.

Sampean (Kepala Desa Wonokalang, Sujarwoto) kepilih terpilih menjadi kepala desa, jadi sampean harus mau melayani jangan minta dilayani, sudah tidak ada itu pejabat minta dilayani, pejabat itu harus melayani, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut ia menghimbau kepada kepala desa sebagai pengemban tugas pokok penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pembangunan serta kemasyarakatan untuk hendaknya selalu memegang teguh peraturan yang berlaku. Oleh karena itu H Saiful Ilah berpesan untuk memahami peraturan dan tidak segan-segan berkoordinasi dan mohon informasi dari pihak-pihak yang berkompeten sebagai langkah awal memulai tugas.

Ia juga menghimbau kepada kades yang baru terpilih agar nantinya dalam kepemimpinan untuk bisa membangun sinergis dan kerjasama yang baik dengan segenap unsur terkait secara internal maupun eksternal.. Karena menurutnya ungkap bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, hal tersebut merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan tugas-tugas sebagai kepala desa.

Seperti bagaimana membangun kerjasama yang harmonis dengan BPD sebagai mitra kerja, dengan LPMD,RT dan RW. Serta Karang taruna, PKK dan lembaga-lembaga desa lainnya termasuk tokoh-tokoh masyarakat.

Secara eksternal, sinergi perlu dibangun dengan segenap pihak terkait, baik dengan kecamatan dan instansinya serta jajaran Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang lainnya, himbaunya.

Dalam kesempatan itu juga, bupati Sidoarjo juga mengingatkan bahwa sebagai kepala desa dipilih dan terpilh oleh rakyat, pada prinsipnya adalah bertanggung jawab kepada rakyat. Dan prosedur pertanggungjawabannya disampaikan kepada bupati melalui camat.

Sementara itu Camat Wonoayu Prati Kusdijani S,Sos dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa menjadi pemimpin paradigmanya sekarang adalah melayani masyarakat. Dan kepala desa maupun camat adalah kepanjangan tangan dari bupati. Untuk itu ungkap camat perempuan tersebut hendaknya para kepala desa maupun camat dapat melaksanakan perintah dari bupati untuk mengabdi kepada masyarakat.

Camat Wonoayu Prati Kusdijani dalam kesempatan tersebut juga berharap kepada Kades Wonokalang yang baru saja dilantiknya untuk dapat segera beradaptasi dengan tugas-tugasnya yang baru. Ia berharap dengan kepemimpinan Sujarwoto sebagai Kades Wonokalang dapat memberikan semangat yang baru pada desanya.

Kalau dulu hanya mencari nafkah untuk kepentingan keluarga sekarang bekerja mengabdikan seluruh potensi yang saudara miliki untuk warga Desa Wonokalang dan secara besar untuk KecamatanWonoayu, untuk Kabupaten Sidoarjo dan secara besar lagi untuk bangsa dan Negara Indonesia, ujarnya. (humas/git)