Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
PERTAHANKAN BUDAYA JAWA : Bupati Sidoarjo Mengajak Dubes Amerika Serikat Melihat Pertunjukan Wayang Kulit Di Pendopo Delta Wibawa.
Dilihat
544
Penulis:
2014-02-10 09:51:33




PERTAHANKAN BUDAYA JAWA : Bupati Sidoajo Mengajak Dubes Amerika Serikat Melihat Pertunjukan Wayang Kulit Di Pendopo Delta Wibawa.

HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum kedatangan tamu istimewa Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Blake dengan didampingi Konjen AS di Surabaya Joaquin Monserrate, kedatangan Dubes AS Robet Blake dalam rangka memenuhi undangan menyaksikan pagelaran wayang kulit dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke 155 di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, sabtu, 8/2/2014.


Kedatangan Dubes AS Robet Blake menjadi sinyal baik bagi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk mengembangkan program kebudayaan daerah asli Sidoarjo agar dikenal hingga ke negara Amerika Serikat, Bupati Sidoarjo H. Saiful Illah, SH, M. Hum dengan didampingi Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM menyambut hangat kedatangan Dubes AS tersebut.


Mr. Robert Blake yang dikenal sangat menyukai kebudayaan, disuguhi dengan pertunjukan wayang kulit dengan dalang kondang Ki Anom Suroto dari Solo-Jawa Tengah, bersama dengan ratusan warga Sidoarjo yang tampak memadati pendopo beserta para pejabat Forpimda, seperti Danrem 084 / Bhaskara Jaya Waru - Surabaya Kolonel Arh. Nisan Setiadi dan Kapolres Sidoarjo AKBP. Marjuki serta para pejabat SKPD Kabupaten Sidoarjo.


Sebelum pertunjukan dimulai, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum didampingi Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, M. Hum memberikan cindera mata kepada Dubes AS Robert Blake dengan didampingi Konjen AS untuk Surabaya Joaquin Monserrate, pemberian cindera mata ini menjadi tanda terjalinnya hubungan diplomasi budaya antara pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan Amerika Serikat melalui Dubes AS untuk Indonesia.


Ki Anom Suroto secara simbolis menerima wayang semar dari Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum sebagai tanda akan dimulainya pagelaran wayang kulit, " sudah empat tahun berturut-turut saya ditanggap Bapak Bupati Sidoarjo, semoga Bapak H. Saiful Ilah terus mempertahankan kebudayaan asli Jawa", ucap Ki Anom Suroto . Terhitung sudah empat kali Ki Anom Suroto dipercaya Bupati Sidoarjo H. Saiful Illah, SH, M. Hum untuk menjadi dalang dalam pagelaran wayang kulit dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Sidoarjo.


Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum menyampaikan bahwa peringatan hari jadi kabupaten Sidoarjo ke 155 khususnya dalam pagelaran wayang kulit ini menjadi terasa istimewa dengan hadirnya Dubes Amerika Serikat Mr. Robert Blake serta Konjen AS di Surabaya Joaquin Monserrate, dan sebuah kohormatan bagi masyarakat Sidoarjo", terang H. Saiful Ilah, SH, M. Hum.


Pertunjukan wayang kulit dengan mengambil lakon " Semar Mbangun Kayangan " membuat Mr. Robert Blake betah menyaksikan hingga larut malam, Ki Anom Suroto yang didampingi dalang cilik Ki Bayu Aji Pamungkas yang tak lain adalah putranya sendiri mampu menyedot perhatian ratusan masyarakat Sidoarjo yang  memadati pendopo delta wibawa, dan penonton dibuat tertawa dengan tampilnya pelawak Cak Tawar dan Agus Kuprit yang malam itu tampil lepas didepan masyarakat Sidoarjo yang hadir di Pendopo. (humas/irw).