Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Peringati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 155, Gelar Khitan Massal Gratis
Dilihat
497
Penulis:
2014-02-06 02:58:22




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Khitan massal gratis dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 155 tahun diselenggarakan Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Sidoarjo, Kamis (6/2) . 148 anak di khitan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo.


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo Drs. H. Nur Syamsudin M.Si, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sidoarjo KH. Utsman Basri, Ketua FKUB Kabupaten Sidoarjo KH. Imron Rofi`I, serta Sekda Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Nanik Hadi Sutjipto hadir menyaksikan khitan massal gratis yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya. Sebelumya secara simbolis Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto memberikan bingkisan berupa songkok,sarung, baju taqwa serta uang transport kepada anak-anak dari keluarga duafa tersebut.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto menyemangati anak-anak yang akan di khitan. Ia menyampaikan bahwa di khitan tidaklah sakit. Ia meminta untuk tidak takut bila nanti akan di khitan. Untuk itu ia berpesan jangan lupa berdoa sebelum di khitan.


Anak-anak nanti jangan nangis, baca doa sebelum di khitan dan tidak usah takut, sampainya.


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto juga menyampaikan bahwa banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari terselenggaranya khitan massal kali ini. Selain membantu meringankan beban kaum duafa, kegiatan tersebut dapat mendidik masyarakat untuk berprilaku hidup sehat dan bersih.


Ia mengatakan bahwa saat ini banyak yang telah menyadari bahwa khitan membawa dampak bagi kebersihan dan kesehatan. Oleh karena itu saat ini khitan tidak hanya dilakukan oleh umat muslim saja. Hal tersebut tidak terlepas dari manfaat yang dirasakan seseorang setelah di khitan.


Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat diteruskan. Pasalnya program-program yang dilakukan BAZ Kabupaten Sidoarjo dapat mendukung kesejahteraan masyarakat.


Sementara itu salah satu orang tua peserta khitan massal gratis Ibu Umrotin merasa bersyukur dengan diadakan kegiatan tersebut. Warga Desa Jenggot Kecamatan Krembung tersebut merasa terbantu dengan diselenggarakan Khitan massal gratis kali ini. Disaat tidak memiliki dana untuk mewujudkan keinginan anaknya untuk di khitan tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengadakan Khitanan massal gratis.


Ia menuturkan Khitan massal gratis yang diikuti Aditya anaknya atas ajakan dari perangkat desa. Atas ajakan Modin desanya tersebut, putranya yang masih duduk di kelas 5 SD mengikuti Khitan massal gratis bersama dengan empat anak tetangganya.


Ibu dua anak tersebut juga menuturkan bahwa keinginan mengikuti khitan datang atas kemauan sendiri dari putranya.  Untuk itu kesempatan diadakan Khitan massal gratis tidak ia sia-siakan selagi sang putra berani untuk di khitan. (humas/git)