Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Puncak Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo Dirayakan Dengan Meriah
Dilihat
173
Penulis: Super Admin
2014-02-05 12:17:39




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Kemeriahan puncak hari jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke 155 tersaji di alun-alun Sidoarjo kemarin malam, Selasa(4/2). Masyarakat Sidoarjo berduyun-duyun memadati alun-alun Sidoarjo pada resepsi hari jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke 155 tahun 2014. Berbagai hadiah dan penghargaan diberikan mewarnai kemeriahan hari jadi milik masyarakat Sidoarjo tersebut. Penghargaan  Anugerah Sidoarjo Bersih Hijau (SBH) diberikan kepada desa, instansi pemerintah maupun kader lingkungan yang peduli akan kebersihan dan  penghijauan lingkungan.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum, Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto SH,MM serta Forpimda Sidoarjo dan para pejabat SKPD Sidoarjo juga instansi swasta larut dalam kemeriahan dalam puncak hari jadi Kabupaten Sidoarjo. Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan dalam perjalanan sejarahnya, Kabupaten Sidoarjo yang berdiri sejak tahun 1859,  telah mengalami berbagai macam rintangan dan tantangan dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan.


Dengan prinsip pembangunan yang ber-kesinambungan, yang menjadi dasar kebijakan dalam setiap kegiatan Pembangunan, Pemerintahan, dan Sosial Kemasyarakatan sampai H. Saiful Ilah semua pihak tentunya harus melaksanakan-nya secara ber-kelanjutan untuk kemajuan dan kemakmuran Kabupaten Sidoarjo. Untuk itu bupati Sidoarjo mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya seluruh warga masyarakat Sidoarjo.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa setiap tahap pembangunan yang telah dicapai, menyadarkan kita semua bahwa tugas membangun Kabupaten Sidoarjo sungguh berat. Namun pada hari ini sampainya  seluruh masyarakat Sidoarjo dan pemerintah daerah secara bersama-sama melakukan refleksi, evaluasi dan koreksi atas kinerja yang dicapai selama setahun membangun dan menata Kabupaten Sidoarjo.


Dengan komitmen tinggi untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik , seluruh jajaran pemerintahan daerah Kabupaten Sidoarjo telah mengerahkan kemampuan maksimal untuk mengelola seluruh sumber daya yang ada secara optimal, efektif dan efisien, ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut ia berharap melalui momentum peringatan hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke 155, seluruh warga masyarakat bersatu padu untuk membangun Sidoarjo kedepan yang lebih baik agar  kesejahteraan masyarakat semakin dapat dirasakan peningkatannya.


Pada kesempatan yang baik ini, selaku Pimpinan Daerah, saya mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Sidoarjo yang ke-155 Tahun 2014 ini . Marilah kita tingkatkan Partisipasi kita pada berbagai kegiatan Pemerintahan dan Pembangunan di Kabupaten Sidoarjo, ucapnya.


Dalam kesempatan tersebut penganugerahan Piala Sidoarjo Bersih, Hijau diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah kepada pemenang lomba Sidoarjo Bersih Hijau tahun 2013. Ada 11 kategori pemenang Anugerah SBH 2013 kali ini yang diberikan. Seperti  pemenang SBH 2013 untuk kategori Perumahan yang diraih oleh Desa Kepuhkiriman KecamatanWaru sebagai Juara pertamanya. Untuk Kategori Pemukiman Juara 1 diraih Desa Sebani Kecamatan Tarik. Sedangkan untuk Kategori Desa Inovatif diberikan kepada Desa Kedungsukodani Kecamatan Balongbendo.



Untuk Kategori Instansi,  Sekretariat Daerah Pemkab Sidoarjo menjadi  Juara pertamanya. Sedangkan untuk Kategori Kader Lingkungan Terbaik, Desa Tebel Kecamatan Gedangan menjadi terbaik pertama. Untuk Kategori Pembina Lingkungan yang diberikan kepada lurah maupun kepala desa diraih oleh empat kepala desa. Yakni Kades Sebani Kecamatan Tarik, Kades Sidodadi Kecamatan Candi serta Kades Kebonagung Kecamatan Porong dan Kades Pranti Kecamatan Sedati.


Untuk Kategori Camat Peduli Lingkungan diberikan kepada Camat Krian Agustin Iriani. Sedangkan Kategori Tokoh Masyarakat Peduli Lingkungan diberikankepada dua orang yakni Bambang Waluyo Jati warga Desa Kepuhkiriman Kecamatan Waru dan Ustad Muhammad Yulianto warga Desa Kedungsugo-Prambon. Untuk Kategori Pejuang Lingkungan diberikan kepada Almarhum Sisnu Wibowo warga Desa Kedungsugo Kecamatan Prambon.


Dalam kesempatan tersebut pemenang Lomba Kali Bersih dan Lomba Pos Kamling Honda juga diberikan. Saluran Sekunder Gambiranom Desa Kebonanom Kecamatan Gedangan menjadi Juara pertama Lomba Kali Bersih kali ini. Untuk Lomba Pos Kamling Honda diraih oleh Desa Kedungsugo-Prambon sebagai pemenang pertamanya.