Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Gelar Lomba Senam Peringati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 155
Dilihat
385
Penulis:
2014-01-27 05:04:57




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Kurang lebih 1.500 orang dari klub-klub senam yang tergabung dalam FORMI Kabupaten Sidoarjo ikut  dalam Lomba Senam Perorangan yang diselengarakan oleh FORMI Kabupaten Sidoarjo, kemarin, Minggu (26/1). Lomba senam dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 155 tersebut di selenggarakan di Jalan A.Yani Sidoarjo saat program Car Free Day berlangsung. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua FORMI Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH.MM tersebut juga dibarengi dengan  Sosialisasi FORMI Kecamatan Sidoarjo, Buduran, dan Kecamatan Candi.


Ketua FORMI Sidoarjo yang juga Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto dalam kesempatan mengatakan bahwa ada tiga pilar utama olahraga di Indonesia yang harus dikembangkan dengan baik. Hal tersebut sebagaimana diamanatkan oleh UU R.I nomer 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.


Pertama ungkap H. MG Hadi Sutjipto adalah olah raga prestasi yang dikelola oleh KONI (Komite Olahraga Nasioanal Indonesia) serta KOI (Komite Olimpiade Indonesia). Pilar kedua adalah olahraga pendidikan yang dikelola oleh lembaga pendidikan. Sedangkan pilar ke tiga adalah olahraga rekreasi atau yang dikenal dengan FORMI (Federasi Olah raga Rekreasi Masyarakat Indonesia).


H. MG Hadi Sutjipto mengatakan FORMI adalah wadah bagi olahraga yang berkembang di masyarakat. Masyarakat yang menyukai olahraga yang sifatnya rekreasi bisa bergabung dalam FORMI. Semua lapisan masyarakat, mulai anak-anak sampai orang tua bisa masuk di dalam FORMI dengan membentuk klub-klub olahraga sampai H. MG Hadi Sutjipto.


Dalam kesempatan H. MG Hadi Sutjipto juga menyampaikan bahwa usia angka harapan hidup masyarakat Sidoarjo di atas rata-rata Jawa Timur maupun nasional. Usia angka harapan hidup masyarakat Sidoarjo saat ini mencapai 70,7 tahun. Hal tersebut tidak terlepas dari kegemaran masyarakat Sidoarjo akan olahraga rekreasi.


Alhamdulillah masyarakat Sidoarjo sehat-sehat karena olahraga, sampainya.

  

Dalam kesempatan tersebut Ketua FORMI Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto meminta kepada instansi terkait  untuk  mendukungan terselenggaranya olahraga masyarakat. Seperti dengan menyediakan tempat bagi olehraga rekreasi melalui Car Free Day yang tiap hari Minggu pagi ditetapkan.


H. MG Hadi Sutjipto juga menyampaikan bahwa FORMI di Kabupaten Sidoarjo berkembang dengan baik. Bahkan kepengurusan FORMI di tingkat kecamatan sudah dibentuk. Di Sidoarjo FORMI berkembang pesat, sampainya.

Salah satu pengurus FORMI Jawa Timur, Murjoko yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kinerja FORMI Kabupaten Sidoarjo sangat membanggakan. Seluruh kegiatan yang ditetapkan dalam rapat kerja FORMI Provinsi Jawa Timur dilaksanakan oleh FORMI Kabupaten Sidoarjo. Sehingga hal tersebut sampai Murjoko menghantarkan FORMI Kabupaten Sidoarjo meraih penghargaan sebagai FORMI terbaik di Jawa Timur.


Sementara itu Sekretaris FORMI Kabupaten Sidoarjo Soewignyo mengatakan bahwa selain untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Sidoarjo, lomba senam tersebut bertujuan juga untuk memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat. Sedangkan melalui sosialisasi FORMI didalam kegiatan lomba senam tersebut diharapkan dapat meningkatkan kelembagaan FORMI di tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Dalam lomba senam tersebut ada 7 macam senam yang dilombakan. Diantaranya senam poco-poco, asma, lansia, tera,  SABI, PORPRI dan senam jantung sehat. Ibu Rubi’ah yang berusia 87 tahun dari Karang Werda Bimo Suci Perumahan Magersari menjadi yang tertua dalam lomba senam kali ini. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan lomba BMX 15 negara oleh  Ketua FORMI Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto kepada Gigih Oktavia atlet olah raga ekstrem sepeda BMX.  Remaja yang tergabung dalam FORMI Sidoarjo tersebut menjadi juara IV dalam lomba BMX 15 negara di Jogjakarta belum lama ini. (humas/lien/git)