Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
488 Mahasiswa Unair KKN BBM di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
254
Penulis: Super Admin
2014-01-21 04:01:18




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- 488 Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya lakukan Kuliah Kerja Nyata-Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) ke 49 di Kabupaten Sidoarjo. Dengan didampingi Wakil Dekan 1 Fisip Unair serta dosen pembimbing lapangan, tadi pagi, Selasa (21/1) mereka memperkenalkan diri kepada bupati Sidoarjo.


Mewakili Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum, kedatangan para mahasiswa di sambut oleh Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Ec. Asrofi MM di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Drs. Ec. Asrofi MM mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan KKN-BBM ke 49 Unair Surabaya tersebut.


Melalui kegiatan tersebut sampai bupati Sidoarjo dalam sambutannya yang dibacakan Drs. Ec. Asrofi, para mahasiswa peserta KKN-BBM diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang berarti bagi masyarakat Sidoarjo. Sumbangsih tersebut ujar Asrofi bisa diberikan melalui berbagai kegiatan di berbagai bidang yang dilakukan oleh mahasiswa. Seperti bidang kesehatan, perancangan bisnis serta bidang pemberdayaan masyarakat dan bidang lingkungan.


Wakil Dekan 1 Fisip Unair DR.Dwi Widiastuti yang mewakili Rektor Unair Surabaya mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada Kabupaten Sidoarjo yang telah rela menjadi tempat bagi KKN- BBM Unair Surabaya. Ia mengatakan kegiatan KKN-BBM Unair Surabaya ke Kabupaten Sidoarjo untuk yang ke 9 kalinya tersebut merupakan sarana mengaplikasikan ilmu maupun keahlian yang diperoleh mahasiswa.


Ia mengatakan, ilmu maupun keahlian yang diperoleh mahasiswa tidak akan berguna kalau tidak diterapkan dimasyarakat. Dengan dibekali ilmu yang diperoleh di universitas, KKN-BBM tersebut ujar  DR.Dwi Widiastuti merupakan pembuktian mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmunya kedalam masyarakat.


Ia juga mengingatkan, kegiatan KKN-BBM tidak hanya sekedar untuk menerapkan ilmu maupun keahlian saja, tetapi mahsiswa dihimbau untuk belajar dari masyarakat. Ia mengatakan,  secara teori mahasiswa mungkin menguasai ilmunya. Akan tetapi dalam prateknya, masyarakat yang mengetahuinya. Sehingga belajar dari masyarakat sangat dibutuhkan.


Sebenarnya ada simbiosis mutualistis, masyarakat belajar dari mahasiswa,  mahasiswa juga belajar dari masyarakat, itu yang kita harapkan dan nantinya juga akan muncul keberdayaan-keberdayaan didalam masyarakat dan mahasiswa sendiri, sampainya.


Wakil Dekan 1 Fisip Unair  DR.Dwi Widiastuti mengatakan KKN-BBM angkatan ke 49 Unair Surabaya ke Kabupaten Sidoarjo juga diikuti oleh  4 orang mahasiswa asing dari Brunai Darussalam. Bersama mahasiswa lainnya, mahasiswa asing tersebut akan melakukan kegiatan di Kabupaten Sidoarjo sampai tanggal  15 Februari 2014.

Dalam melakukan KKN-BBM, para mahasiswa yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Sidoarjo akan didampingi oleh 19 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Mereka akan melakukan kegiatan di 40 desa yang tersebar di Kecamatan Tarik, Krembung dan Kecamatan Jabon. 11 desa di Kecamatan Tarik, 19 desa di Kecamatan Krembung dan 10 desa yang berada Kecamatan Jabon sebagai tempat pelaksanaan KKN-BBM mahasiswa Unair Surabaya.


Sebelum melepas para mahasiswanya untuk KKN-BBM di Kabupaten Sidoarjo, Wakil Dekan 1 Fisip Unair  DR.Dwi Widiastuti dalam kesempatan tersebut menyerahkan daftar nama peserta KKN-BBM angkatan ke 49 tahun 2014 di Kabupaten Sidoarjo kepada Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Ec. Asrofi MM. (humas/git)