Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Ketua FORMI Kabupaten Sidoarjo Ajak Masyarakat Senam Bersama
Dilihat
302
Penulis:
2014-01-20 04:43:17




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Ketua FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kabupaten Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM ajak ribuan masyarakat Sidoarjo senam bersama di lapangan Sepak Bola Desa Kepuh Kiriman Waru, kemarin Minggu (19/1). Masyarakat yang berada di eks Kawedanan Taman seperti Kecamatan Taman, Waru, Sedati, Sukodono dan Kecamatan Gedangan diajak senam SABI (Senam Ayo Bergerak Indonesia), senam pernafasan PORPRI, senam Poco-poco serta senam joget oplosan. Tidak ketinggalan 120 penari dari siswa-siswi SDN 1 Kepuh Kiriman-Waru ikut senam bersama. Sebelumnya tari Remo secara kolosal mereka tampilkan dalam kegiatan tersebut.


Ajakan Ketua FORMI Sidoarjo yang juga Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto untuk bugar tersebut bagian dari sosialisasi FORMI Kabupaten Sidoarjo se-eks Kawedanan Taman. Dalam sambutannya sebelum senam bersama dimulai, H. MG Hadi Sutjipto menyampaikan bahwa FORMI adalah wadah bagi masyarakat yang menyukai olahraga yang sifatnya rekreasi. FORMI menjadi wadah bagi olahraga yang berkembang di masyarakat.


Semua lapisan masyarakat bisa tergabung didalamnya sampai H. MG Hadi Sutjipto. Mulai anak-anak sampai orang tua bisa masuk di dalam FORMI dengan membentuk klub-klub olahraga.


Karena sifatnya rekreasi, maka semua masyarakat bisa tergabung didalam FORMI, ada senam, aerobic, jantung sehat, barongsai, sampainya.


Untuk itu dalam kesempatan tersebut Ketua FORMI Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto mengajak untuk mensukseskan FORMI Kabupaten Sidoarjo dengan berbondong-bondong membentuk klub- klub olahraga atau kelompok- kelompok senam. Hal tersebut tidak lain bertujuan untuk menyehatkan dan kebugaran jiwa raga.


Dalam kesempatan tersebut H. MG Hadi Sutjipto menyampaikan bahwa usia angka harapan hidup masyarakat Sidoarjo lebih tinggi dari dari Jawa Timur maupun nasional. Hasil penelitian menunjukkan usia angka harapan hidup masyarakat Sidoarjo mencapai 70,80 tahun. Hal tersebut ujar H. MG Hadi Sutjipto tidak telepas dari kegemaran masyarakat Sidoarjo akan olahraga rekreasi.


Kabupaten Sidoarjo ingin masyarakatnya sehat dan bugar, sampainya.


Dalam kesempatan tersebut H. MG Hadi Sutjipto mengatakan bahwa ada tiga pilar utama olahraga di Indonesia yang harus dikembangkan dengan baik. Hal tersebut sebagaimana diamanatkan oleh UU R.I nomer 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.


Pertama ungkap H. MG Hadi Sutjipto adalah olah raga prestasi yang dikelola oleh KONI (Komite Olahraga Nasioanal Indonesia) serta KOI (Komite Olimpiade Indonesia). Pilar kedua adalah olahraga pendidikan yang dikelola oleh lembaga pendidikan. Sedangkan pilar ke tiga adalah olahraga rekreasi atau yang dikenal dengan FORMI (Federasi Olah raga Rekreasi Masyarakat Indonesia).



H. MG Hadi Sutjipto menyampaikan bahwa FORMI di Kabupaten Sidoarjo berkembang dengan baik. Bahkan kepengurusan FORMI di tingkat kecamatan sudah dibentuk sejak dua tahun lalu.


Sementara itu Ketua FORMI Propinsi Jawa Timur H. Suparman yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa saat ini FORMI di Jawa Timur sudah terbentuk di 20 kabupaten/kota. Salah satunya FORMI Kabupaten Sidoarjo. Ada 43 cabang olahraga yang saat ini berkembang di FORMI Propinsi Jawa Timur ungkap H. Suparman.


Hal senada tentang FORMI juga diungkapkan Ketua FORMI Propinsi Jawa Timur H. Suparman. Ia mengatakan bahwa FORMI adalah olahraganya rakyat. FORMI mewakili semua segmen dan lapisan. Mulai dari kaum muda sampai tua ada di FORMI.


Yang muda mewakili olahraga ekstrim seperti cheerleaders maupun skateboard sedangkan orang tua dengan olahraga lansia, sampainya. (humas/git)