Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Lantik 126 Pejabat Struktural
Dilihat
462
Penulis:
2014-01-20 09:49:43




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Gerbong mutasi diawal tahun digulirkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. 126 pejabat struktural yang terdiri dari eselon II, III dan IV bergeser dari jabatannya semula. Tidak ketinggalan, jabatan kepala sekolah SD,SMP maupun SMA Negeri dalam kesempatan itu juga ikut dirombaknya. Menandai hal tersebut, Kemarin, Jumat (17/1) Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah melantik serta mengukuhkanya di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.


Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah meminta peran pejabat sruktural maupun kepala sekolah disemua jenjang setidaknya harus mampu menguasai setengah kemampuan leadership dan manajerial. Setengahnya lagi sampai Bupati Sidoarjo mempunyai kemampuan teknis operasional dengan didukung pengusaan sistem, tatacara, standar operasional dan prosedur kerja yang secara normatif telah tertuang dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Oleh karena itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap para pejabat struktural maupun kepala sekolah yang baru saja dilantik dan dikukuhkannya untuk segera dapat mempercepat proses aktifitas roda organisasi. Hal tersebut diharapkannya agar bisa segera berpartisipasi dan berperan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi satuan kerja perangkat daerah masing-masing.


Saudara-saudara nantinya juga dituntut untuk melu Hangrungkepi (merasa ikut bertanggung jawab), melu handarbeni (merasa ikut memiliki), dan mulat sarira hangsorowani (selalu wawas diri) terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas SKPD masing-masing, .sampainya.


Kepada staf ahli, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah meminta untuk segera mempelajari dan memahami tupoksi yang dibebankannya. Pasalnya kedudukan staf ahli bupati ungkap bupati Sidoarjo memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam penyelengaraan Pemerintah Daerah. Oleh karena itu bantuan staf ahli dalam memberikan telahaan mengenai masalah pemerintahan kepadanya sangat dibutuhkannya. Disamping itu lanjut bupati Sidoarjo, masukan, saran dan pendapat baik diminta maupun tidak, baik lisan maupun tulisan dari masing-masing staf ahli sangat dibutuhkannya.


Saudara juga harus mempersiapkan materi dan konsep serta memberikan informai kepada instansi pemerintah maupun swasta, pusat maupun daerah dalam rangka peningkatan efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintah daerah, pesannya.


Dalam mutasi kali ini, bupati Sidoarjo menempatkan dua pejabat untuk mengisi jabatan staf ahli bupati di dua bidang. Drs. Sumarbowo M.SiĀ  yang sebelumnya menjabat kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Sidoarjo dipercaya untuk mengisi jabatan staf ahli bupati bidang pembangunan ekonomi dan keuangan. Sedangkan staf ahli bupati bidang hukum dan politik pemerintah di jabat oleh Drs. Fauzy Isfandiari yang sebelumnya menjabat kepala Badan KesatuanĀ  Bangsa Dan Politik.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa dalam rangka reformasi birokrasi, seorang PNS harus mampu merubah kebiasaan, sikap maupun pola pikir dalam bekerja. Ia meminta, kebiasaan yang dilakukan selama ini oleh PNS untuk tidak dipertahankan. Pasalnya diera global saat ini, dibutuhkan SDM yang inovatif, kreatif, dan berpikir diluar kebiasaan atau rutinitas yang berani mendobrak keadaan yang tidak sesuai. Serta memiliki kompetensi, keahlian dan professional dibidangnya masing-masing.


Menyinggung mutasi maupun pengangkatan kepala sekolah yang dilakukannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyampaikan bahwa proses seleksi dalam pengisian jabatan tersebut yang sangatlah ketat. Selain harus lolos dalam seleksi administratif dan akademis, calon kepala sekolah juga harus mengusai kompetensi kepribadian, sosial, manajerial, supervisi atau pengawasan serta mempunyai kompetensi kewirausahaan. Hal tersebut lanjut bupati Sidoarjo, merupakan konsekuensi logis dari tuntutan tanggung jawab dan peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang sangat besar.


Disamping itu kepala sekolah juga dapat memperhatikan upaya-upaya pengembangan profesi, pembimbingan guru-guru dan karyawan berprestasi, pembimbingan siswa-siswi berprestasi dan pembinaan prestasi sekolah pada even-even tertentu demi terciptanya generasi penerus bangsa yang handal dan berkualitas, sampainya.


Diakhir sambutanya, enam pesan disampaikan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah kepada pejabat struktural maupun kepala sekolah yang baru saja dilantik dan dikukuhkannya. Pertama untuk menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab. Serta selalu menunjukkan prilaku sebagai seorang pemimpin yang beretika secara konsisten sehingga menjadi panutan dan teladan bagi bawahannya, pesan pertamanya.


Kedua dalam melaksanakan tugas-tugas agar selalu melakukan