Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo Tembus Rp. 1,1 Miliar
Dilihat
335
Penulis:
2014-01-16 11:26:18


HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo – Acara rutin tahunan Lelang Badeng Kawak Tradisional Kabupaten Sidoarjo dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 Hijriyah sekaligus juga dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke 155 dilaksanakan di Alun – Alun Sidoarjo, Rabu malam (15/1).

Lelang Bandeng Kawak tahun 2014 ini berlangsung sangat meriah di banding tahun sebelumnya, banyak para pengusaha yang turut berpartisipasi dalam lelang tadi malam, termasuk para pengusaha perikanan Sidoarjo.

 Turut Hadir dalam acara tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful iLah, SH, M.HUM beserta istri, Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM beserta istri, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur beserta istri dan para Kepala Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Sidoarjo beserta istri.

Panitia Lelang Bandeng H. MG. Hadi Sutjipto dalam laporannya menyatakan bahwa acara Lelang Bandeng Kawak ini, sebelumnya diawali dengan penimbangan Bandeng Kawak yang dilaksanakan di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo Rabu pagi.

Kemudian dilanjutkan dengan lomba yel – yel dan Lomba Masak Sreng – Sreng oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Sidarjo, di Paseban Alu – alun Sidoarjo, pada Rabu siang.

Pemberian Tropi dan hadiah bagi para pemenang lomba yel – yel dan masak Sreng – sreng diserahkan pada malam lelang badeng sekaligus pemberian bantuan bagi warga masyarakat Sidoarjo yang kurang mampu.

Pada Rabu sorenya bandeng kawak yang ditimbang dan telah diperoleh juara satu sampai empat di kirab keliling kota Sidoarjo.

Masih menurut Hadi, untuk target lelang tahun 2014 ini diharapkan mencapai Rp. 550 juta sampai Rp. 600 juta. Dan pada tahun 2013 lalu, hasil lelang bandeng kawak mencapai  Rp. 479.500.000.

Sebagai tali asih bagi pemilik bandeng kawak diberikan masing – masing satu unit sepeda motor, uang pembinaan dan tropi.

Untuk pembuka lelang pertama adalah Bupati Sidoarjo  H. Saiful iLah, SH, M.HUM sebesar Rp 10.000.000,- dilanjutkan Wakil Bupati Sidoarjo  H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM sebesar Rp. 5.000.000,-.

Acara lelang ini berlangsung sangat seru hingga tiga putaran. Putaran pertama tembung angka Rp. 200.000.000 yang ditutup oleh Kapolres Sidoarjo AKBP. Marjuki, S.I.K., MS.i.

Lelang pada putaran kedua tembus angka hingga Rp. 600.000.000 yang di tutup oleh Kahuripan Nirwana Village.

Lelang pada putaran terakhir, turut berpartisipasi Pasar Atom Grup Surabaya, PT. AMJ dan CV Avila Prima, PT. Sekar Grup, Lapindo Brantas, dan Pemuda Pancasila masing – masing Rp. 100. 000.000. Hasil lelang terakhir tembus angka Rp. 1.1 Miliar.

Sebagai pemenang Lelang Bandeng Kawak Tradisional pada tahun 2014 ini, pemenang pertama adalah PT. Lapindo Brantas dengan total nilai sebesar Rp 196 juta, pemenang kedua Pemuda Pancasila  dengan total nilai sebesar Rp. 170.500.000, pemenang ketiga dari PT. AMJ dan Avila Prima totalnilai sebesar Rp. 150 juta dan terakhir pemenang keempat dari Pasar Atom Grup Surabaya dan PT. Sekar Grup sebesar Rp. 100 juta.

Diakhir acara pelelangan Bupati Sidoarjo menyerahkan pin emas, ikan bandeng Kawak yang dilelang dan tropi bagi para pemenang lelang, dengan didampingi oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Sekretaris Daerah dan para Pimpinan Forpimda Kabupaten Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M.HUM, merasa sangat bangga, dan puas dengan hasil pelelangan ikan bandeng kawak pada tahun 2014 ini.  

Ini luar biasa sekali, hasil lelang tahun jauh melampaui target yang telah ditetapkan oleh panitia, oleh karena itu saya ucapkan terima kasih banyak kepada para pengusaha dan warga masyarakat Sidoarjo yang turut berpartisipasi aktif pada pelelangan ini, jelas Saiful. (humas/ En)