Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Wakil Bupati Sidoarjo Kukuhkan Relawan Demokrasi
Dilihat
237
Penulis: Super Admin
2013-12-31 01:54:09




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Menghadapi Pemilu DPR, DPD dan DPRD 2014, KPU Kabupaten Sidoarjo bentuk Relawan Demokrasi. Mereka bertugas mensosialisasikan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) kepada masyarakat  guna meningkatkan partisipasi pemilih menggunakan hak suaranya pada Pemilu mendatang.


Kemarin, Jumat (27/12), 25 orang Relawan Demokrasi dikukuhkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM di Hotel Delta Sinar Mayang Sidoarjo. Para relawan tersebut berasal dari berbagai latar belakang dan profesi. Seperti dari kalangan pemerintah, organisasi masyarakat maupun keagamaan serta kelompok komunitas.


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto mengapresiasi program Relawan Demokrasi yang di gagas KPU Pusat yang ditindak lanjuti oleh KPU Kabupaten Sidoarjo. Ia berharap dengan dibentuknya Relawan Demokrasi akan dapat membantu KPU maupun pemerintah dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu mendatang. Mereka diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk untuk ikut memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan.


Wakil Bupati Sidoarjo mengatakan dalam Pemilu nasional di tiga tahun terakhir menunjukkan kecenderungan turunnya partisipasi masyarakat. Pada Pemilu nasional 1999 kemarin, partisipasi masyarakat yang menggunakan hak suaranya sebanyak 92%. Di Pemilu tahun 2004, kehadiran masyarakat di TPS turun menjadi 84%. Dan pada Pemilu tahun 2009, partisipasi pemilih terus mengalami penurunan menjadi 71%.


Turunnya angka partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya mengundang keprihatinan Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto. Ia berharap pada Pemilu mendatang angka partisipasi pemilih akan meningkat. Untuk itu peran Relawan Demokrasi dalam Pemilu sangat dibutuhkan.


Ini harus diwaspadai, untuk itu Relawan Demokrasi betul-betul kita harapkan untuk membantu KPU maupun pemerintah untuk mengajak masyarakat berbondong-bondong menuju ke TPS memberikan hak pilihnya untuk suksesnya Pemilihan Umum, harapnya.


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto menaruh harapan besar terhadap peran serta masyarakat dalam bentuk Relawan Demokrasi. Ia berharap Relawan Demokrasi mampu mendorong tumbuhnya kesadaran serta meningkatnya tanggung jawab masyarakat Sidoarjo untuk menggunakan haknya dalam pemilu 2014 secara optimal. Sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2014 dapat lebih baik dibandingkan Pemilu-pemilu sebelumnya.


Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Bima Ariesdiyanto mengatakan Relawan Demokrasi berfungsi sebagai katalisator bagi partisipasi pemilih untuk pemilu 2014 mendatang. Mereka akan membantu mensukseskan pemilu dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat arti pentingnya sebuah pemilu bagi sebuah bangsa.


Ia mengatakan fenomena Pemilu terhadap tingkat partisipasi pemilih dalam menggunakan hak suaranya sangat rendah. Pada Pemilu kemarin ujar Bima, partisipasi pemilih di Kabupaten Sidoarjo hanya 59% saja. Untuk itu ia berharap dengan dikukuhkannya Relawan Demokrasi, angka 70% partisipasi pemilih dalam pemilu 2014 agar dapat dicapai. 


Dan itu adalah tugas kita bersama, untuk itu saya berharap dukungan dan masukan-masukan serta kebersedian bekerja sepenuh tenaga bagi kesuksesan pelaksanaan pemilu 2014 mendatang, sampainya. (humas/git)